Resep Bolu Chocholatos Kukus

bolu kukus

Loveusaha – Kue Bolu merupakan cake yang sangat digemari dari berbagai usia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Banyak inovasi-inovasi  terbaru yang membuat kombinasi rasanya semakin enak, salah satu yang tengah popoler adalah Bolu Chocholatos Kukus.

Karena sekarang sedang berada pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), yang banyak mengharuskan banyak orang untuk beraktivitas di dalam rumah seperti belajar dan bekerja. Agar anggota keluarga tidak jenuh cobalah untuk membuat Bolu Chocholatos Kukus, berikut ini bahan dan cara pembuatannya:

Bahan-Bahan:

  • 1 sachet chocholatos drink + air panas 3 sdm untuk menyeduh
  • 1 telur
  • ½ sdt SP
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sachet  susu kental manis coklat
  • ½ sdt vanila atau bisa diganti dengan vanilli bubuk
  • 6 sdm tepung terigu serbaguna (60 gram)
  • ½ sdt baking powder
  • 5-6 sdm minyak goreng

Cara Membuat:

  1. Tuang chocholatos ke mangkuk/gelas, tambah 3 sdm air panas. Aduk hingga tersedih lalu sisihkan.
  2. Siapkan wadah lalu masukkan telur, SP, dan gula pasir. Kocok dengan whisker hingga mengembang menjadi putih, kental berjejak. Jika sudah, ayak tepung dan baking soda di atas adonan. Aduk rata, tambahkan larutan chocholatos, susu kental manis, vanila, dan minyak goreng. Aduk secara perlahan hingga adonan menjadi satu sampai tidak ada minyak mengendap di bawah.
  3. Tuang ke loyang yang sudah dilapisi baking paper dan olesan margarin. Hentakkan agar glembung udara berkurang.
  4. Pastikan air kukusan sudah dalam keadaan mendidih, lalu masukkan adonan. Kukus selama 30 menit dengan menggunakan api yang sedang atau cenderung kecil. Tutup kukusan dan lapisi kain agar uap api tidak jatuh ke kue bolu.
  5. Setelah 30 menit, tes kematangan dengan tusuk sate. Kalau sudah tidak ada adonan basah menempel, artinya bolu sudah matang. Angkat dan tunggu hingga agak hangat atau dingin.
  6. Setelah agak hangat, keluarkan dari loyang. Lapisi dengan selali coklat. Lalu, taburi topping sesuai dengan selera Anda.
  7. Catatan penting: jangan merubah api secara tiba-tiba saat proses pengkusuan karena akan membuat Bolu menjadi bantat, lebih baik konsisten dari awal menggunakan api yang cenderung kecil. (n2)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*