Resep Mudah Membuat Pie Susu Nikmat dengan Memakai Teflon

pie susu

Loveusaha – Saat sedang berkunjung ke Bali, kurang lengkap rasanya jika tidak membawa buah tangan. Salah satu oleh-oleh khas Pulau Dewata yang sangat wajib dan sudah terkenal adalah pie susu.

Tekstur luarnya yang sedikit keras dan dalamnya yang begitu lembut, pasti membuat siapa pun yang mencobanya ingin untuk memakannya lebih dari satu kali alias ketagihan.

Tahukan Anda, jika ingin membuat makanan khas Bali tersebut sangat mudah dan praktis. Peralatannya pun dapat menggunakan wajan teflon yang ada di dapur. Berikut ini adalah bahan dan cara membuatnya.

Bahan Untuk Membuat Kulit Pie

  1. Tepung Terigu 200 gram.
  2. Margarin 100 gram.
  3. Telur 1 Butir.

Bahan Untuk Isian

  1. Kuning telur 3 biji.
  2. Susu kental manis 200 gram (bisa memakai susu sachet @40 gram).
  3. Tepung maizena 2 sendok makan.
  4. Air 150 ml.

Cara Pembuatan Pie Susu Dengan Menggunakan Teflon

  1. Untuk pembuatan kulit pie, aduk tepung terigu dan mentega menggunakan garpu hingga berbulir-bulir. Masukkan telur aduk lag, kali ini menggunakan tangan hingga semua bahan tercampur dengan rata. Kemudian cetak oada teflon. Jangan lupa setelah adonan tercetak, ditusuk-tusuk pakai garpu.
  2. Untuk isian pie susu, aduk kuning telur dan susu kental manis hingga semua tercampur. Tambahkan maizena yang sudah di campur dengan 150 ml air dan aduk merata.
  3. Panaskan di atas kompor hingga agak mengental sedikit adonan untuk isian. Namun jangan terlalu kental, begitu di pinggiran panci ada yang kental lengket sedkit, segera di angkat dari kompor.
  4. Masukkan isian ke kulit pie, panaskan meggunakan api sedang. Selanjutnya tutup teflon hingga matang.
  5. Selalu lihat kulit pie dan jangan sampai gosong. Jika sudah terlihat setengah matang, gunakan api secara kecil saja.
  6. Jika sudah matang, matikan kompor. Tunggi hingga kulit pie sudah dingin baru kemudian diangkat.
  7. Pie susu telvon siap untuk dinikmati.

Sangat mudah bukan membuat pie susu teflon???. Anda bisa mempraktikannya di rumah. Tentu anak-anak akan sangat menyukainya. Selamat mencoba. (n2)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*