Resep Tahu yang Sudah Mendunia

tahu
Foto : Tahu siap masak

Loveusaha – Resep Tahu, Saat ini tahu merupakan makanan yang sudah mendunia akan tetapi tidak semua orang tau cara membuatnya. Maka dari itu kita akan membahasnya nanti, namun sebelum itu ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu asal usul resep tahu.

Tahu sendiri sudah ada sejak 164 SM di daratan China sekitar 2200 tahun lalu. Menurut Wikipedia penemunya adalah Liu An yang merupakan cucu dari Kaisar Han Gaozu, Liu Bang pendiri  dinasti Han.

Sudah ada sejak beribu-ribu tahun yang lalu, di Indonesia sendiri merupakan makanan yang sangat digemari dan hampir menjadi bagian berbagai macam kuliner di Indonesia.

Rasanya yang nikmat serta kandungan gizinya yang banyak menjadikan makanan yang murah ini tinggi kualitas gizinya. Harganya sebenarnya tidak terlalu mahal, hanya dengan beberapa ribu rupiah saja kita sudah bisa mendapatkan tahu.

Namun pernah tidak terfikir untuk mencoba resep tahu dan membuatnya sendiri di rumah? jika sempat kepikiran mari kita coba beberapa langkah pembuatan tahu di bawah ini:

 

Resep Tahu :

Bahan:

  1. 1 kg kacang kedelai yang telah direndam semalam
  2. 100 ml cuka makan
  3. Air

Alat:

  1. Blender
  2. Panci besar
  3. Serbet makan/ kain
  4. Saringan

Cara:

  1. Masukan kacang kedelai yang telah direndam semalaman kedalam panci atau baskom untuk di pecah dengan meremas-remasnya.
  2. Setelah bersih masukan kedelai kedalam blender dengan memberi air secukupnya kemudian blender hingga halus dan lembut.
  3. Saat selesai maka akan jadi seperti susu kedelai, selanjutnya rebus air kedelai tadi di panci hingga mendidih.
  4. Siapkan baskom untuk tempat air dingin. Ketika rebusan air kedelai tadi mulai mendidih akan muncul busa.
  5. Maka segera tambahkan air dingin sedikit demi sedikit dan suhu kompor diturunkan.
  6. Setiap busa mulai muncul lagi berikan air dingin sedikit demi sedikit.  Tetap rebus air kedelai hingga busa habis, setelah itu biarkan rebusan itu di atas kompor dengan api kecil selama 20 menit. Kemudian matikan kompor dan biarkan dingin.
  7. Setelah rebusan tadi mulai dingin segera saring menggunakan saringan yang di atasnya di lapisi serbet makan/ kain. Peras ampas rebusan kedelai tadi hingga air perasan keluar semua. Ampas jangan dibuang karena bisa dimanfaatkan untuk perkedel, dan dimasak sesuai selera.
  8. Air hasil penyaringan tadi di rebus di atas kompor dengan api sedang, namun tidak sampai mendidih.
  9. Angkat susu kedelai dari kompor kemudian masukkan 100 ml cuka makan, aduk sebentar.  Diamkan susu kedelai selama 30 menit dengan sendirinya susu kedelai akan terpisah menjadi calon tahu dan air.
  10. Saring massa tahu dengan serbet makan  atau kain bersih tipis hingga air keluar.  Susun pada cetakan yang ingin anda gunakan kemudian tindih dengan pemberat sehingga semua air keluar. Biarkan sekitar 15-20 menit.
  11. Setelah itu tahu buatan anda pun jadi dan siap di potong sesuai ukuran yang anda suka dan siap dimasak. (***)

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*