Resep Usaha Jajanan Tradisional Kue Ombus Ombus Dari Tepung Beras

kue ombus ombus
Foto : Kue Ombus ombus (doc.Instagram)

Loveusaha – Kue Ombus Ombus merupakan jananan tradisional asli Batak, berasal dari Siborongborong, Tapanuli Utara. Warga Batak pasti sudah tahu dengan jajanan yang satu ini, karena memang kue ombus ombus punya bentuk yang sangat unik.

Bentuknya kerucut, dibungkus dengan daun pisang sehingga bau nya semakin semerbak dan terasa lebih alami. Kue yang satu ini terbuat dari adonan tepung yang diparut dengan kelapa, kemudian pada bagian tengahnya diberi isian.

Isian nya sendiri bisa berupa gula merah yang dimasak dengan cara dikukus, jadi anda wajib coba tentunya. Nah, bagi anda yang ingin coba membuat kue ombus ombus ini, tidak ada salahnya untuk mengikuti resep cara membuat kue ombus-ombus berikut ini:

Bahan-Bahan:

  • 200 gr tepung ketan.
  • 200 gr kelapa muda yang diparut.
  • 100 gr gula merah yang disisir.
  • Garam secukupnya.
  • Daun pandan yang di iris kecil-kecil.
  • Daun pisang untuk membungkus kue ombus ombus.

Cara Membuat Kue Ombus Ombus yang Enak dan Lezat

  1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah mengukus tepung ketan bersama kelapa parut dan garam. Kemudian aduk campuran bahan tersebut hingga rata dan adonan terlihat seperti bulir.
  2. Sekarang anda siapkan terlebih dahulu daun pembungkus kue ombus ombus, yaitu daun pisang yang sudah dibersihkan.
  3. Sobek daun pisang jadi beberapa bagian agar pas untuk dibuat pembungkus kue ombus ombus.
  4. Kemudian letakkan daun pandan, dan tuangkan adonan sebanyak 1 sendok makan ke dalam daun pisang.
  5. Lalu tambahkan isian gula merah yang sudah disisir agar bisa meleleh di bagian dalamnya nanti.
  6. Kemudian tutup kembali adonan tersebut agar gula merah tetap di dalam.
  7. Bungkus adonan kue ombus ombus dengan bentuk kerucut.
  8. Ulangi step ini hingga adonan kue ombus-ombus habis.
  9. Panaskan pengukus terlebih dahulu.
  10. Masukkan semua adonan kue ombus ombus yang sudah di bungkus ke dalam pengukus hingga matang.
  11. Jika sudah matang, angkat kue ombus ombus.
  12. Kue ombus ombus siap disajikan dan disantap dengan lezat.

Kenapa sih kue ombus ombus memakai daun pisang? Karena kue ombus ombus adalah kue tradisional, otomatis kue ini adalah buatan nenek moyang dulu. Nah, jaman dulu kan belum ada yang namanya plastik dan segala macamnya.

Otomatis orang jaman dulu menggunakan daun pisang agar bisa dibungkus dengan rapih dan baik agar enak dilihat ketika disajikan. Ternyata hal ini berlanjut hingga sekarang, dan akhirnya terasa seperti bukan kue ombus ombus namanya jika tidak dibungkus daun pisang.

Selain itu, alasan lain kenapa hingga sekarang orang-orang masih menggunakan daun pisang adalah karena daun pisang bisa memberikan harum yang berbeda. Daun pisang memang alami, karena itulah ketika dikukus akan memberikan harum yang semerbak.

Apalagi tambahan daun pandan di dalamnya ketika dikukus, bercampur dengan aroma daun pisang akan membuat kue ombus ombus makin menarik selera. Anda yang sudah pernah makan kue ombus ombus pasti sudah tahu bagaimana rasanya dan selera untuk memakannya.

Selain rasa, aroma kue sangatlah penting untuk membuat para penikmatnya ngiler untuk menikmati kue ombus-ombus ini. Yuk yang ingin membuat kue ombus-ombus bisa mempersiapkan bahan-bahan nya lebih dulu dan segera eksekusi seperti resep cara membuat kue ombus ombus yang sudah kami informasikan di atas.

Itulah resep cara membuat kue ombus ombus yang bisa kami share pada anda semua, jangan lupa untuk membuat kue ombus untuk keluarga di rumah, terima kasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*