Sego Gegok, Makanan Favorit Warok Ponorogo

sego gegok

Loveusaha Indonesia memang kaya dengan warisan dari leluhur kita. Mulai dari seni budaya, hingga beragam kuliner yang cita rasanya selalu menggugah selera. Salah satunya adalah Sego (nasi) Gegok, yang menurut cerita adalah makanan kesukaan Warok atau orang sakti di Ponorogo.

Dulu para warok membutuhkan waktu selama berhari-hari untuk melatih kesaktiannya, jadi mereka membawa Sego Gegok sebagai bekal karena selain cita rasanya yang lezat Sego Gegok ini juga tidak mudah basi.

Sego Gegok adalah nasi setengah matang yang diatasnya diberi bumbu yang dihaluskan yang berupa bawang merah, bawang putih, cabai, rempah-rempah dan parutan kelapa.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/berita/agar-umkm-tak-kalah-saing-yuk-intip-cara-mengurus-perizinan-produk-industri-rumah-tangga-pirt/

Sego Gegok dapat dinikmati bersama aneka lauk seperti ayam, ikan, jerohan, udang, tempe, jamur dan masih banyak lagi. Di bagian atas nasi ditambah dengan daun kemangi, agar aromanya lebih wangi dan rasanya lebih lezat. Kemudian dibungkus menggunakan daun pisang dan dikukus selama satu jam.

Rasa Sego Gegok ini lezat berpadu dengan rasa manis, gurih, asam dan pedasnya yang pas akan selalu menggugah selera makan Kita. Hadi Purnomo adalah salah satu penjual Sego Gegok yang masih eksis hingga sekarang.

Pelanggannya tidak hanya berasal dari daerah Ponorogo saja tetapi ada yang dari luar kota juga. Salah satu menu favorit pengunjung adalah Sego Gegok plus ikan salem sementara minuman favoritnya jamu herbal kunyit asem dan beras kencur.

Menurut pelanggan Nasi Gegok disini rasanya jos gandos, bikin kringet gobyos. Sementara tempatnya juga asri dan tidak bising, paling cocok untuk Kalian yang sedang jenuh dengan kegiatan sehari-hari.

Selain rasa, harganya juga tidak bikin jebol kantong. Menikmati sebungkus Sego Gegok cukup dibayar dengan Rp 6.000 saja.  Pasti penasaran ingin mencoba Sego Gegok yang mantul, buruan kunjungi Warung Cakruk Gegok di Jalan Puspowarno Krajan no 30b, Nurmanan, Mangkujayan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur atau bisa menghubungi 0823-3510-4729. (san)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*