Seklumit Cerita Bos Astra William Soeryadjaja

william soeryadjaja
Foto : William Soeryadjaja (doc.Instagram)

LoveusahaWilliam Soeryadjaja merupakan sosok yang berada dibalik PT. Astra Internasional. William Soeryadjaja lahir di Majalengka, 20 Desember 1922. Ia lebih akrab disapa dengan sebutan Om William.

William terlahir sebagai anak laki – laki sulung dari 6 bersaudara. Ia sudah ditinggal orang taunya sejak usianya masih muda. Dari kecil bakat berbisnisnya sudah kelihatan. Sepertinya ia mewarisi bakat dagang dari ayahnya dalam usaha dagang ahsil bumi.

Pada tahun 1957 ia bekerja sama dengan saudara serta temannya mendirikan perusahaan Astra, yang merupakan cikal bakal dari PT. Astra Internasional.

Awalnya perusahaan ini hanya bergerak di bidang makanan dan minuman juga. Namun kemudian merambah ke dunia otomotif seperti yang kita kenal saat ini yang dimulai pada tahun 1968.

Awalnya PT Astra hanya mengimport kendaraan truck saja, dan semakin berkembang hingga saat ini jumlah perusahaan yang berada di bawah naungan PT. Astra Internasional mencapai 300 perusahaan yang bergerak di berbagai sektor usaha seperti otomotif, property, perhotelan dan juga finance.

Dalam menjalankan bisnisnya, William sangat menjaga hubungan dengan para karyawannya. Ia sangat perhatian kepada para karyawannya.

Tak tanggung – tanggung, ia bahkan juga sering mengirim pekerjanya yang berbakat untuk belajar di luar negeri dengan beasiswa dari perusahaan.

Meskipun dia dari kalangan etnis Tionghoa, namun ia sangat memperhatikan kaum pribumi. ia terkenal sebagai pengusaha yang dermawan dan berprestasi. Terbukti dengan banyaknya penghargaan yang didapatkannya baik dari dalam maupun luar negeri. (ary)

 

Β 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*