Sendang Asmoro Tuban : Dari Sejarah Cinta Leluhur Desa Sampai Pemberdaya Masyarakat Sekitar

sendang asmoro

Loveusaha Sendang Asmoro merupakan salah satu wisata baru yang sangat kekinian. Destinasi  ini baru mulai diresmikan pada tahun 2017.  Meskipun masih tergolong wisata baru, namun  sangat ramai dikunjungi wisatawan khususnya kalangan generasi muda.

Lokasi Sendang Asmoro berada di Desa Ngino Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Jarak tempuh dari pusat kota sampai lokasi wisata sekitar 12 km. Jika Anda berangkat dari arah Tuban Anda harus mengambil arah ke Jalan Hayam Wuruk, kemudian tinggal lurus ke arah selatan sampai menemui Polsek Semanding.

Sendang Asmoro memberikan nuansa taman dengan kolam peninggalan jaman dulu. Arti dari nama Sendang Asmoro adalah sebuah kolam yang memiliki cerita kisah cinta leluhur pada zaman dahulu.

Anda akan ditawarkan dengan sebuah kolam yang di isi dengan air segar yang berwarna kehijauan, membuat udara semakin terasa sejuk saat berada di kawasan ini. Di dalam kolam juga terdapat berbagai macam jenis ikan sehingga wisatawan dapat memberi makan ikan-ikan tersebut. Selain itu terdapat taman bunga yang menambah suasana semakin terlihat cantik.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/berita/panorama-kecantikan-pantai-dalegan-gresik-dengan-kuliner-ikan-bakar-yang-nikmat/

Sumber air yang ada di Sendang Asmoro berasal dari sumber alami. Itulah yang menyebabkan hawanya terasa sangat sejuk. Tak ketinggalan pada destinasi ini banyak disediakan berbagai macam spot foto menarik, sayang jika Anda tidak mengabadikan momen saat berada di Sendang Asmoro.

Sebelum menjelma menjadi wisata yang kekinian, awalnya Sendang Asmoro sering kali dijadikan sebagai lokasi untuk kegiatan perkemahan. Namun seiring berjalannya waktu mulai dirubah menjadi wisata alam. Bahkan Sendang Asmoro dijadikan sebagai icon untuk masyarakat yang tinggal dekat dengan destinasi wisata.

Mengingat lokasi wisata yang berada di daerah pedesaan, pengelolanya dilakukan langsung oleh kepala desa dan masyarakat sekitar. Hal tersebut menyebabkan banyak penduduk yang mendapatkan penghasilan.

Untuk menikmati keindahan Sendang Asmoro, Anda cukup merogoh kocek Rp.2.000,- rupiah untuk parkir kendaraan roda dua. Jika ingin memberikan makan ikan, Anda dapat membeli pakan ikan yang ada di dalam tempat wisata dengan harga mulai dari Rp.1.000,- . Bagaimana apakah Anda tertarik??? Selamat mecoba dengan pasangan atau pun keluarga saat musim liburan sedang berlangsung. (ntw)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*