Sensasi Jajanan Tradisional, Puthu Lanang Celaket

LoveusahaDi Indonesia banyak sekali toko, swalayan, dan pasar yang menjajakkan makanan, baik itu instan ataupun tidak. Meskipun lidah orang Indonesia sudah tidak asing dengan makanan junk food, tapi tak ada yang bisa menandingi sensasi jajanan tradisional nusantara.

Banyak sekali kue tradisional yang kita miliki, kue puthu salah satunya. Beralatkan bambu dan mengeluarkan bunyi nyaring saat dimasak sudah menjadi rahasia umum dalam pembuatan kue ini.

Lumernya gula jawa dilidah menambah sensasi tersendiri saat makan kue berbahan dasar tepung beras dan parutan kelapa ini. Lidah mana yang tidak akan menari bukan?

Jika anda berkunjung ke Kota Malang, anda bisa membeli jajan puthu yang melegenda. Ya, kota pendidikan ini ternyata juga menjadi salah satu destinasi yang memiliki surganya kuliner. Puthu Lanang Celaket salah satu andalannya.

Kedai Puthu Lanang Celaket warisan Ibu Soepidja ini berdiri sejak tahun 1935 dimana saat itu masih era penjajahan. Namun, kini di era modern, kedai ini masih mampu menjaga eksistensinya meskipun sekarang yang mengelolah adalah anaknya, Siswojo.

Nama Puthu Lanang sendiri digunakan agar masyarakat bisa membedakan dengan jajan Puthu Ayu yang ada. Lantas mengapa tidak Puthu Ganteng saja? Karena yang ditakutkan akan terkesan narsis nantinya.

Selain itu, usut punya usut ternyata alasan dari nama Puthu Lanang adalah rata-rata cucu Ibu Soepidja adalah laki-laki. Jika diartikan dalam bahasa Jawa, Puthu berarti cucu dan Lanang berarti laki-laki.

Tempat sederhana yang berlokasi di Jalan Jaksa Agung Suprapto Gang Buntu ini sudah menjadi daftar tempat yang wajib dikunjungi setiap orang yang mendengarnya.

Meskipun kedai ini dibuka mulai pukul 17.00 hingga 22.00 namun ternyata banyak sekali pembeli yang rela mengantre sebelum kedai dibuka.

Dinginnya kota malang di malam hari akan terasa sempurna bila dihangatkan oleh jajan puthu yang melegenda. Apalagi jajanan yang lezat ini dibanderol dengan harga murah, hanya cukup mengeluarkan uang Rp 10.000 saja anda bisa mendapatkan jajanan ini.

Selain kue putu, di tempat ini juga menawarkan berbagai jajanan tradisional lainnya seperti cenil, klepon dan lupis. Bahkan di tempat ini anda bisa mengkolaborasikan setiap menu jajanan yang anda pilih.

Semakin ingin mencobanya bukan? Tunggu apa lagi, jika anda sedang di Malang jangan lupa untuk mampir ke tempat legenda ini.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*