Sentra Kupang Gedangan yang Khas dari Kota Sidoarjo

Kupang

kupang-khas-sidoarjo
kupang-khas-kota-sidaorjo
Foto : Kupang khas Sidoarjo
Loveusaha – Siapa yang tidak tahu makanan khas dari Sidoarjo yang satu ini. Yang tepatnya berada di Jalan Raya Gedangan Sidoarjo, atau tepatnya berada 1 km dari perbatasan kota Surabaya ini.

Jika anda berkunjung untuk menikmati kuliner di kota Sidoarjo, cobalah mampir untuk mencicipi makanan khas yang satu ini. Jika anda pengemar kuliner rasanya tidak lengkap kalau anda tidak mencoba lontong kupang yang satu ini.

Sajian lontong kupang ini sedikit berbeda dengan kota-kota lainnya loh ya, karena di kota Sidoarjo ini mereka menyajikan kupang lontong dengan petis khas kota Sidoarjo ini sendiri, yang dapat menimbulkan rasa sedap dan gurih pada kuahnya.

Baca Juga : https://www.loveusaha.com/berita/mie-ayam-gajah-mada-yang-terkenal-lezat-di-sidoarjo/

Dalam satu porsi hidangan berisi lontong, kupang, lentho, dan disiram kuah petis. Cara penyajian lontong kupang ini terbilang sederhana karena tiap porsi makanan ini hanya berwujud tumpukan lontong yang di timbuni setumpuk kupang dan ditemani sebuah lentho (bulatan yang berisi campuran singkong parut, kacang tolo, kelapa parut, dan bumbu berupa bawang putih, ketumbar, garam, dan yang terakhir adalah gula).

Kupang diolah dengan baik sehingga tidak meninggalkan aroma amis di kupangnya. Selain itu tidak nikmat rasanya, jika menyantap kupang tanpa ditemani seporsi sate kerang yang tidak kalah sedapnya dengan lontong kupang itu sendiri.

Usut punya usut kupang yang sedap dan mantap ini mempunyai khasiat untuk menyembuhkan sakit maag dan sakit pinggang. “Banyak orang yang sudah membuktikannya kok”, ungkap warga disana.

Untuk harga kupang lontong untuk satu porsi adalah Rp.7000, dan satu porsi sate kerang isi 8 tusuk Rp.7000, sedangkan es kelapa hijau asli harga Rp.10.000 cukup murah bukan, selain murah juga harus menyehatkan dong.

Kupang ini merupakan salah satu bahan makanan yang tidak bisa bertahan lama, karenanya lebih baik segera disajikan dalam keadaan segar. Maka dari itu, akan lebih baik jika anda mencoba lontong kupang di dekat daerah pesisir. Di tempat bahan-bahannya diperoleh, seperti kota Sidoarjo ini. (af)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*