Sosok Pengusaha Sumatera Sofyan Wanandi

sofyan wanandi
Foto : Sofyan Wanandi (baju Batik) doc.Instagram

LoveusahaSofyan Wanandi merupakan pengusaha asal Sumatera yang juga pemilik dari Gemala Group atau sekarang lebih dikenal dengan Santini Group.

Ia lahir di Sawahlunto pada tanggal 3 Maret 1941. Sejak usianya masih muda, Sofyan sudah familiar dengan dunia bisnis, karena memang ayahnya memiliki toko kelontong.

Cita – citanya sejak kecil memang menjadi seorang pengusaha. Saat ia di bangku kuliah, Sofyan menjadi seorang aktivis. Bahkan saat meletus G 30 S/PKI ia juga ikut andil dalam berjuang dan turun langsung ke lapangan.

Ia kembali menggeluti dunia bisnis pada tahun 1974. Dan saat itu juga dipercaya memimpin beberapa perusahaan, seperti diantaranya PT Dharma Kencana Sakti.

Sofyan juga sempat terjun di berbagai sector bisnis seperti sector industry, perkapalan, asuransi, dan juga sector konstruksi. Ia merintis Gemala Group saat ia memimpin PT Pakarti Yoga. Saat itu modal usahanya ia peroleh dari ayahnya.

Sofyan merupakan seorang pengusaha yang tak kenal kata menyerah, dan menurut berbagai sumber hingga tahun 2008 Gemala Group milik Sofyan sudah mempekerjakan lebih dari 15 ribu pegawai yang tak hanya berkiprah di Indonesia, namun juga mancanegara seperti Australia dan Kanada.

Salah satu Perusahaan terkenal yang bernaung dibawah Gemala Group adalah PT. Yuasa Battery. Suatu penghargaan yang membanggakan bagi Sofyan Wanandi karena pada tahun 2008 ia terpilih sebagai Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia. (ar)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*