Sugeng Siswoyudono, Spesialis Usaha Kaki Palsu

sugeng siswoyudono
Foto : Sugeng Siswoyudono

LoveusahaSemua yang ada di dunia ini hanyalah titipan, termasuk tubuh. Ketika harus ada yang hilang, ikhlas adalah pilihan. Itulah yang dialami Sugeng pria asal Mojokerto, Jawa Timur.

Sugeng Siswoyudono harus mengikhlaskan kaki kanannya setelah kecelakaan pada tahun 1981 saat SMA. Impiannya menjadi seorang tentara kandas.

Kondisi ini membuatnya menggunakan alat bantu kaki palsu. Ayahnya membelikannya agar Sugeng tetap bisa beraktivitas. Ketika kaki palsu itu rusak para saudara membelikannya lantaran orang tuanya sudah meninggal.

Saat itu harga kaki palsu seharga motor, dan kemudian rusak lagi. Karena tidak ingin menjadi beban keluarga, Sugeng berinisiatif untuk membuat kaki palsu sendiri.

Beberapa minggu kemudian Sugeng bisa membuat kaki palsunya sendiri. Awalnya bahan yang digunakan berupa besi. Setelah memperhatikan tukang bangunan, Sugeng berinisiatif membuat dengan bahan dasar fiber. Berhasil, karyanya terasa nyaman.

Menggelutinya membuat Sugeng terkenal sebagai pembuat kaki palsu yang dermawan dengan harapan agar  orang yang senasib dengannya bisa memiliki kaki palsu ekonomis.

Tidak ada harga khusus untuk kaki palsu buatannya. Cukup memberikan biaya bahan yang dibutuhkan. Sedangkan biaya pembuatan, terserah kliennya.

Tanpa rasa takut kehilangan pelanggan, Sugeng mengajari mereka membuat kaki palsu sendiri agar bisa memenuhi kebutuhannya.

Pekerjaan utama Sugeng yaitu menjual susu. Sugeng melejit dalam program Kick Andy dan terlibat proyek besar gerakan 1000 kaki palsu Kick Andy. Waktu bersama keluarga kini tersita. Namun Sugeng bersyukur karena dapat membantu orang yang senasib.

Keikhlasan Sugeng begitu besar sehingga tanpa diharapkan rezeki datang dengan sendirinya. Kemandiriannya juga merupakan teladan, karena setiap kebutuhan akan dipenuhi dengan usahanya sendiri.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*