Suka Bercocok Tanam, Coba Bisnis Tanaman Hias

Loveusaha – Anda suka bercocok tanam dan merupakan suatu hobi, maka seharusnya hobi ini bisa menghasilkan keuntungan karena ada nilai ekonomisnya, mengapa? Karena permintaan akan tanaman hias dalam tiap tahun akan meningkat, hal ini dikarenakan perkembengan bisnis tanaman hias yang menanjak tiap tahunnya. Permintaan tertinggi biasanya pada musim pameran, perayaan keagamaan dan perayaan – perayaan khusus seperti valentine dan lain sebagainya. Bisnis tanaman hias masih menjadi bisnis yang sangat potensial di masa yang akan datang.  Namun jika anda ingin serius menekuni bisnis ini, sebaiknya pelajari terlebih dahulu seluk belum bisnis ini dengan baik. Selain itu, persiapkan semuanya agar tidak terjebak hanya pada trend bisnis tanaman hias yang terkadang bersifat sesaat.

Bisnis tanaman hias sampai saat ini masih dipandang sebagai bisnis musiman yang tidak bisa diandalkan untuk menopang ekonomi. Semua masyarakat tersihir oleh gaung bisnis bunga-bungaan sehingga yang sebelumnya tidak hobi dengan bisnis tanaman hias, tiba-tiba menjadi seorang yang sangat menyukai bisnis ini. Kemudian apa yang terjadi, setelah gaungnya meredup, maka masyarakat yang ikut-ikutan tadi hanya mendapatkan kerugian karena bunga yang mereka beli sudah tidak memiliki harga yang sefantastis seperti sebelumnya.  Banyak penjual tanaman hias di beberapa daerah masih tetap berjalan dan bahkan mengalami perkembangan. Ini bisa menjadi sedikit bukti bahwa bisnis tanaman hias bukanlah bisnis yang hanya berdasar pada musim saja.

Banyaknya pembangunan perumahan, pembangunan kantor, ataupun pembangunan sekolah, sangat berpangaruh signifikan terhadap bisnis ini. Rumah dan kantor baru tersebut selalu membutuhkan penghias untuk bangunan yang baru didirikan. Baik untuk hiasan taman maupun untuk hiasan di bagian dalam sebuah ruangan.

Anda harus memiliki pengetahuan dasar yang mumpuni untuk memulai membuka usaha tersebut. Pilih bunga dengan daya jual stabil dan tidak hanya musiman semata. Selain itu, karena masih pada tahap memulai, biaya perawatan dalam merawat tanaman hias juga bisa jadikan sebagai bahan pertimbangan.

Pembaca loveusaha.com jika anda benar-benar tertarik untuk menjalankan bisnis tanaman hias mulailah perkaya pengetahuan tentang seluk beluk pembibitan sampai penjualan, jangan hanya menjadi pengikut trend sesaat yang hanya akan membuat anda menyesal kemudian. Selamat mencoba.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*