Tips Agar Usaha Bertahan Saat Pendemi Corona

tips bisnis

Loveusaha Saat ini dunia sedang dihadapkan dengan adanya virus Corona atau Covid-19. Indonesia menjadi salah satu negara yang terkena dampak dari virus corona.

Tingkat penyebaran virus yang cepat pada akhirnya membuat pemerintah harus mengambil sebuah kebijakan memutus rantai penularan.

Pemerintah mengambil kebijakan untuk tetap berada di dalam rumah, selalu menggunakan masker, dan rajin cuci tangan dengan sabun pada air mengalir. Namun tak dapat dipungkuri adanya pandemi covid-19 mengakibatkan turunnya perekonomian terutama bagi para pemilik usaha.

Banyak pengusaha mulai dari kelas menengah hingga atas mengalami penurunan yang sangat drastis hingga 75%. Hal tersebut mengharuskan para pemilik usaha untuk berfikir sangat keras untuk kelancaran usahanya. Agar usaha Anda tidak gulung tikar, berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan :

  • Mengatur Cash Flow

Langkah awal yang harus diperhatikan adalah melihat cash flow bisnis. Jika mengalami penurunan, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan seperti mengurangi jumlah gaji beberapa karyawan, pengurangan jam kerja, hingga mengurangi produksi dan biaya operasional. Hal ini penting dilakukan agar cash flow tetap stabil untuk jangka waktu yang lama.

  • Menyusun Strategi Bisnis Rencana Kedua

Setelah mengatur cash flow, Anda perlu menyusun ulang strategi bisnis dengan memperhatikan kondisi dan kebijakan terbaru. Contohnya untuk pemilik usaha di bidang kuliner.

Anda dapat menjalankan usaha dengan sistem delivery order. Hal ini juga akan memudahkan banyak orang untuk mendapatkan makanan tanpa perlu ke luar rumah.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/berita/sate-ayam-haji-tukri-favorit-artis-dan-pejabat/

  • Lakukan Negosiasi dan Komunikasi Dua Arah dengan Karyawan

Anda harus jujur dan transparan dengan semua karyawan. Memberitahukan kepada seluruh karyawan mengenai keadaan usaha yang sebenarnya. Usaha yang menurun tentu akan mempengaruhi keuangan usaha.

Hal yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan negosiasi mengenai gaji karyawan pada saat pandemi covid-19. Berikan kesempatan kepada para karyawan untuk berpendapat dan menggunakan hak setuju atau tidaknya dengan gaji yang ditawarkan.

  • Lakukan Usaha Rumahan

Untuk mengurangi pengeluaran usaha, jika kontrak usaha mendekati akhir tak perlu diperpanjang lagi. Mengingat kondisi pandemi yang masih belum stabil hal itu menjadi pertimbangan untuk urusan lokasi usaha. Manfaatkan rumah Anda untuk menjalankan usaha.

  • Manfaatkan Sosial Media

Meski pandemi covid-19 sedang berlangsung, masyarakat tak ketinggalan untuk urusan sosial media. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk melakukan promosi usaha agar pelanggan dan orang lain mengetahui kabar terbaru mengenai bisnis Anda. (nt)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*