Tips Memulai Usaha Laundry Kiloan di Rumah

usaha laundry

Loveusaha – Sejak pandemi covid-19, semua keuangan di berbagai sektor mengalami penurunan. Agar dapur tetap mengepul, Anda dapat mencoba menjalankan usaha yang tidak memerlukan banyak modal.

Salah satu usaha dengan modal yang tidak terlalu banyak adalah usaha laundry kiloan. Kenapa harus usaha laundry kiloan???. Hal ini dikarenakan masih banyaknya orang yang membutuhkan usaha laundry.

Target pasar dari usaha laundry juga masih sangat luas. Para mahasiswa dan karyawan banyak yang malas mencuci pakaian. Sehingga mereka akan memilih menggunakan jasa cuci pakaian yang di anggap lebih praktis.

Memang sudah banyak yang bermain dengan usaha mencuci dan setrika pakaian, namun dari usaha ini banyak orang yang sudah mendulang sukses. Terlihat sepele namun hasinya benar-benar sangat menggiurkan.

Jika Anda ingin memulai usaha ini, berikut ini terdapat beberapa tips untuk menjalankan usaha laundry dijelaskan sebagai berikut.

  • Pilih Lokasi Usaha

Lokasi usaha memang sangat menentukan kesuksesan. Namun untuk usaha laundry Anda dapat memulainya dengan menyewa toko ataupun memulai usaha di rumah. Jika lokasi Anda berada di sekitar area kampus atau tempat kost sangat cocok untuk dijalankan di dalam hunian Anda.

  • Tentukan Jenis Layanan dan Harga

Jenis layanan yang dapat Anda tawarkan seperti cuci basah, cuci kering, dan juga cuci setrika. Masalah harga Anda perlu melakukan survei terhadap harga pasar. Tujuannya agar dapat bersaing secara sehat dalam menjalankan bisnis. Anda juga perlu tepat menentukan harga untuk pemilihan kiloan dan satuan.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/berita/dukun-perut-mbah-malidi-mengatasi-penyakit-lapar/

  • Perhatikan Waktu dan Pakaian yang Akan di Laundry

Kunci dari kesuksesan usaha ini adalah dari ketelitian dan ketepatan waktu. Seringkali pelanggan merasa kecewa karena pakaian kurang saat di ambil, rusak dan tidak on time. Tiga hal tersebut sangat penting untuk benar-benar diperhatikan. Jika Anda memenuhi keduanya, akan banyak sekali yang kembali menggunakan jasa Anda.

  • Buat Pembeda dengan Usaha Laundry yang Lain

Agar bisnis Anda terlihat beda dengan yang lain, berikan sentuhan yang berbeda. Misalnya melayani laundry sepatu, jas, karpet, atau gorden. Selain itu menerima jasa dengan mengambil dan mengantar pakaian langsung ke pelanggan. Sudah pasti banyak yang tertarik dengan usaha Anda karena sangat membantu bagi merekayang memiliki jam kerja padat.

  • Lakukan Pemasaran

Semua usaha tentu memerlukan sebuah proses pemasaran. Pemasaran dari usaha laundry cukup sederhana dan mudah di lakukan. Anda dapat melakukannya melalui media sosial atau menggunakan teknik dari mulut ke mulut. Cobalah dengan memasarkan lewat saudara, tetangga, atau rekan kerja. Nantinya mereka akan membantu menyeberkan kepada orang lain.

Modal awal dari bisnis ini mungkin membutuhkan dana sekitar 10 juta. Pertanyaannya apakah uang yang sudah dikeluarkan akan cepat kembali dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikan dana???

Sekarang coba kita asumsikan untuk satu kilo layanan cuci kering dan setrika di pasang tarif Rp.8.000-/kg. Rata-rata berat pakaian adalah 3 kg. Bisa kita ilustrasikan, jika dalam satu hari Anda melayani 10 orang dengan layanan yang sama, pendapatan dalam satu hari yang dapat Anda dapatkan adalah Rp.360.000-. dalam satu bulan sudah terlihat Anda omsetnya sebesar Rp.10.800.000-.

Modal yang Anda keluarkan kurang lebih akan kembali sekitar 2 bulan karena harus terpotong dengan biaya operasional yang lain. Itu belum termasuk yang memilih paket kilat dan satuan. Sangat menggiurkan bukan berbisnis laundry. Tunggu apa lagi cobalah untuk memulainya dan dapatkan pundi-pundi rupiah. (n2)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*