Tips Memulai Usaha Toko Sembako

toko sembako

Loveusaha – Usaha toko sembako atau kelontong memang masih sangat mudah dijumpai. Mulai pedesaan hingga perkotaan akan sangat mudah mendapatkannya. Hal ini karena banyak masyarakat yang masih menyukai membeli kebutuhan sehari-hari secara eceran dan dekat dengan lokasi tempat tinggal.

Mungkin sudah banyak Swalayan dan juga Toserba (Toko Serba Ada). Namun Anda tidak perlu khawatir, karena masyarakat nyatanya masih sangat menyukai dan membutuhkan adanya toko sembako dan kebutuhan sehari-hari. Jika Anda ingin mencoba usaha ini, berikut tips memulai toko kelontong yaitu:

Rencanakan Usaha Secara Matang

Apa pun jenis usaha yang akan dipilih melakukan perencanaan diawal sangat diperlukan. Selain itu tahap ini juga perlu dilakukan secara matang. Meskipun terlihat sepele, toko sembako atau kelontong sama dengan bisnis lainnya.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/berita/melirik-peluang-usaha-musim-hujan-laris-yang-hangat-hangat/

Anda perlu memperhatikan modal yang dibutuhkan, riset pasar, produk yang ingin dijual, penyuplai aneka kebutuhan di toko, keuntungan dari usaha sembako atau kelontong, hingga kemungkinan cara menghadapi resiko yang muncul dari sebuah bisnis.

Melakukan  Riset Pasar

Kegiatan ini akan sangat memberikan dampak yang sangat bagus untuk kelancaran bisnis Anda kedepannya. Yang perlu diperhatikan adalah tingkat persaingan, lokasi usaha, hingga keinginan para konsumen.

Anda bisa memilih beberapa toko sembako atau kelontong yang terihat sangat ramai akan pembeli dan juga yang sepi. Akan lebih baik jika Anda langsung mengunjunginya agar dapat mengetahui secara langsung kondisinya. Kemudian lakukan analisa dan tariklah sebuah kesimpulan yang akan Anda gunakan sebagai dasar melakukan sebuah usaha.

Persiapkan Tempat Usaha dan Perlengkapannya

Banyak yang bilang, lokasi akan menentukan keberhasilan dari suatu usaha. Usahakan mencari lokasi yang mudah terjangkau oleh pembeli, jalan raya besar, dekat kawasan pemukian, area padat kost atau kontrakan, perkantoran, pasar, hingga berbagai tempat makanan. Tujuannya karena mereka adalah target pasar dari usaha toko sembako atau kelontong Anda.

Perlengkapan usaha toko sembako atau kelontong akan menunjang usaha Anda. Desainlah dengan modern agar pembeli lebih nyaman untuk mengenjungi toko Anda. Beberapa perlengkapannya seperti etalase, rak tempat barang, meja kasir, buku nota, hingga keranjang belanja.

Tulis Daftar Barang yang Dijual dan Cari Supplier Terpercaya

Langkah selanjutnya Anda perlu membuat daftar yang akan dijual di Toko. Tulis serinci mungkin. Kemudian carilah supplier yang terpercaya dan tentunya menawarkan harga yang sedikit murah. Tujuannya agar Anda menjualnya kepada konsumen dengan harga yang miring.

Jika semua tahapan sudah dilakukan dengan matang dan baik, Anda telah siap untuk memulai usaha kelontong atau toko sembako. Jangan lupa ketika pembukaan untuk mengadakan beberapa promo. Selamat mencoba. (n5)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*