Topeng Malangan dari Bahan Bekas

topeng malangan
Foto : Aneka Topeng Malangan

Loveusaha – Kita tahu bahwa setiap hari sampah semakin banyak dan menumpuk meskipun sudah banyak yang didaur ulang, namun ada beberapa tipe sampah yang belum bisa di daur ulang karena sifatnya yang sulit terurai, nah salah satunya adalah sterofoam.

Melihat fenomena ini saya cukup prihatin, dan akhirnya saya mulai berpikir bagaimana cara untuk mengolahnya menjadi barang yang bernilai.

Akhirnya pilihan saya jatuh pada topeng Malangan. Saya memilih sterofoam menjadi topeng Malangan karena kecintaan saya pada seni asli Malang.

Limbah sterofoam banyak sekali ditemukan disekitar kita. Dan dari sterofoam ini saya mulai berkreasi membentuk topeng khas Malang ini. Selain berbisnis saya memiliki tujuan lain, yaitu saya ingin lebih mengenalkan karya seni Topeng Malangan kepada masyarakat luas, bukan hanya warga Malang saja.

Untuk pemasarannya sendiri saya sering mengikuti pameran dan juga pelatihan UMKM yang diadakan oleh pemerintah. Untuk kedepannya saya berharap produk saya Topeng Malangan ini bisa lebih diterima oleh semua kalangan.

Kemudian lebih berkembang dan lebih banyak konsumennya, dan dapat menginsipirasi banyak orang untuk lebih kreatif dan dapat memanfaatkan limbah agar bisa menjadi barang yang bernilai dan bermanfaat.

Produk saya Topeng Malangan ini selain dapat menghasilkan uang, juga dapat melestarikan budaya asli Malang. (ary)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*