Macam – macam Tradisi Luhur Bangsa Indonesia

Tradisi Luhur Bangsa Indonesia
Foto : Gigi runcing (doc. Instagram)

Loveusaha – Indonesia memang terkenal memiliki beraneka macam budaya dan tradisi yang diwariskan hingga saat ini. Hal itulah yang membuat warga Indonesia terkenal unik dan banyak di kagumi oleh negara di luar.

Tradisi unik apa saja sih yang dimiliki Indonesia. Berikut ini kami sudah merangkum macam-macam tradisi luhur bangsa Indonesia.

  1. Potong Jari-Papua

Papua memang tekenal memiliki budaya yang nyentrik dan ekstrim, salah satunya adalah tradisi potong jari. Tradisi ini sebagai simbol karena ditinggal oleh anggota keluarga.

  1. Kebo-keboan-Banyuwangi

Tradisi ini bertujuan untuk mengundang hujan. Pada acara ini kaum pria berdandan layaknya kerbau dan membajak sawah. Setelah membajak sawah, mereka diarak keliling kampung untuk karnaval.

  1. Tiwah-Kalimantan Tengah

Tradisi ini merupakan pengantaran tulang orang yang sudah lama meninggal ke tempat yang diberi nama Sandung. Ritual ini dipercaya untuk  mengantarkan arwah ke surga serta menghilangkan sial bagi keluarga yang ditinggalkan.

  1. Gigi Runcing-Suku Mentawai

Tahukah anda bahwa wanita cantik ala Suku Mentawai haruslah memiliki kuping panjang, kulit yang bertato, dan giginya harus runcing. Untuk itulah wanita disana membentuk giginya agar terlihat runcing.

  1. Dugderan-Semarang

Tradisi ini bertujuan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, diadakan di Semarang yang berupa karnaval atau pawai dengan membawa replika hewan. (ary)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*