UKM Indonesia Harus Maju

ukm
Foto : Berbagai jenis usaha UKM

Loveusaha – Seperti yang kita ketahui bahwa keberadaan Usaha Kecil Menengah (UKM) di suatu negara memang sangat viral. Begitu pula di Indonesia. Beberapa tahun belakangan banyak pihak mendorong gerakan kewirausahaan. Pemerintah dan swasta menampilkan iklan / himbauan untuk berani memulai usaha.

Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah mengapa UKM? Mengapa bukan high capital company?

Indonesia memiliki jumlah penduduk kurang lebih sebanyak 240 juta jiwa, dan menurut catatan statistik sekitar 110 juta jiwa adalah usia produktif atau angkatan kerja.

Akan tetapi, apakah seluruh angka tersebut memiliki pekerjaan dan penghasilan? Mampukah lapangan kerja yang ada di Indonesia saat ini menyerap seluruh dari angka usia produktif tersebut? Jawabannya, tentu belum mampu.

Itu sebabnya angka pengangguran di Indonesia cukup tinggi. Belum lagi jika kita melihat tren kerja di luar negeri.

Jutaan orang Indonesia berbondong-bondong pergi ke luar negeri untuk bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Lalu apa yang bisa membuat itu semua membaik?

Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan salah satu solusi jitu untuk mengatasi masalah tersebut. Pahamilah bahwa negara-negara maju dan makmur memiliki jumlah wirausaha yang cukup banyak dan mampu menyerap tenaga kerja mereka.

Bahkan kesempatan untuk berwirausaha di negara maju sangat besar. Itu sebabnya produk-produk yang kita konsumsi sehari-hari sebagian besar adalah produk dari negara-negara maju.

Sekarang mari kita berandai-andai. Jika Indonesia memiliki 10 juta wirausahawan yang memiliki usaha kecil atau menengah dengan rata-rata 5 karyawan yang membantunya, maka telah tercipta 50 juta lapangan kerja untuk menyerap pengangguran.

Dari 50 juta orang yang bekerja di UKM dan berpenghasilan layak tersebut, masing-masing memiliki rata-rata 4 orang tanggungan, seperti keluarga, anak, istri/suami, dan orang tua. Maka sekitar 200 juta orang akan hidup berkecukupan hanya dari UKM.

Maka dari itu tugas pemerintah saat ini adalah mendorong dan mempermudah proses pertumbuhan UKM, agar semakin banyak UKM -UKM lahir, berkembang dan bersaing di pasar domestik.

Jika sudah banyak terlahir, maka semua pihak termasuk pelakunya sendiri harus mulai memikirkan untuk mengembangkan potensi usahanya agar menjadi lebih besar lagi.

Jika demikian, Indonesia akan memiliki jutaan perusahaan yang sedang berkembang yang diharapkan 10 – 20 tahun lagi mampu berubah menjadi perusahaan besar dan berskala internasional.

Indonesia harus bersiap menjadi negara dengan ekonomi maju, cerdas, kompetitif, dan makmur. (***)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*