Usaha Keramik Tetap Eksis di Era Mileneal

Usaha Keramik Tetap Eksis di Era Mileneal

Loveusaha – Awalnya adalah berdiri sebuah pabrik yang memproduksi berbagai macam keperluan untuk listrik berbahan dasar keramik yang ada di Dinoyo, kota Malang.

Tetapi seiring dengan perkembangan tekhnologi pabrik ini pun ditutup karena sudah tidak sesuai dengan perkembangan jaman.

Yang tersisa sekarang dan tetap bertahan justru usaha keramik untuk souvenir ataupun cinderamata yang diproduksi oleh masyarakat di sekitar pabrik. Berbagai macam bentuk dan ukuran, ada juga yang disesuaikan dengan pesanan konsumen.

Salah satu home industry keramik yang masih eksis adalah Cenderamata Keramik milik H.A. Syamsul Arifin di Jl. MT.Haryono XI D no. 474 Dinoyo, Malang.

Dengan mempekerjakan sekitar 10 orang karyawan, Syamsul Arifin mendesain bagian belakang rumahnya sebagai produksi usaha.

suasana di tempat produksi keramik

“Dulunya pabrik keramik itu berproduksi, tetapi tutup karena mungkin kalah tekhnologi dengan perkembangan jaman,” ujar Syamsul Arifin saat ditemui di rumahnya. Ia mengatakan banyak masyarakat sekitar Dinoyo yang bekerja pada pabrik tersebut.

Deretan rumah yang memproduksi keramik di sisi kanan kiri sekitar pabrik memperjelas apa yang dikatakan Syamsul Arifin. Keahlian tersebut kemudian dilanjutkan dengan membuat keramik untuk souvenir dan cinderamata.

“Kami selalu optimis walaupun jaman selalu berubah, oleh karenanya banyak model keramik yang terus kami update sesuai dengan keinginan konsumen, seperti keramik model tabung gas mini karena pemesannya adalah bos LPG,” tuturnya sambil tertawa lalu minum hidangan teh hangat.

Keramik Dinoyo merupakan salah satu destinasi wisata, baik itu wisata usaha ataupun wisata sejarah yang dimiliki oleh Kota Malang. Jadi tidak heran deretan artis ibukota dan pejabat daerah ataupun nasional pernah kesini. Usaha keramik ini tetap bertahan di tengah perkembangan jaman. (YD)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*