Usaha Kerajinan Kerang Mempercantik Ruangan

kerajinan kerang

Loveusaha – Kerang banyak kita jumpai di pesisir pantai dan biasanya dianggap sebagai limbah perikanan. Tapi siapa sangka ditangan para kreator ternyata kerang bisa disulap sebagai penunjang hiasan ruangan yang ciamik.

Sejak lama ternyata Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor kerajinan kerang bagai sebagian negara maju dan berkembang. Cirebon merupakan pemasok hasil kerajinan kerang dengan volume yang besar. Negara yang mendapat kiriman kerajinan cantik bernilai fantastis ini seperti Afrika, Eropa dan Amerika.

Jika anda berkunjung ke Cirebon jangan sampai melewatkan Istana Kerang Multi Dimensi yang berada di kawasan Desa Astapada, Kecamatan Tengah Tani. Di sana anda akan merasakan seolah memasuki istana kerang secara nyata. Hampir seluruh ornament istana tersebut berbahan dasar kerajinan kerang.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/berita/kulit-kayu-menjadi-benda-seni-bernilai-rupiah/

Ya, apa yang tampak di dalam istana kerang itu lah yang diekspor ke luar negeri. Istana kerang yang didirikan sejak Juni tahun 2000 ini memang sudah memberanikan diri untuk menjual produk mereka  ke pasar dunia. Tidak tanggung-tanggung setelah belasan tahun berjalan kini jumlah kerajinan kerang yang diekspor dari tempat ini mencapai ribuan container pertahunnya.

Istana kerang yang didirikan oleh Ibu Nurhandiah kini ternyata sudah melahirkan lebih dari 4000 desain kerajinan limbah kerang yang dibuatnya sendiri. Berbagai kerajinan kerang yang diproduksi antara lain adalah furnitur, peralatan makan, aneka lampu, vas bunga, bingkai foto, bingkai kaca, tirai, jam, tempat payung, aksesori, peralatan dapur, dan masih banyak karya lainnya.

Harga yang ditawarkan berkisar dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah tergantung dari model, tingkat kesulitan, dan jenis kerang yang digunakan.

Kini memang sudah mulai merajah bisnis seperti ini di berbagai wilaya di Indonesia, karena memang letak Indonesia yang memiliki pesona alam beserta sumber dayanya hingga tak sulit untuk menemukan limbah kerang.

Kreatif memang kunci kesuksesan, apalagi jika anda bisa memanfaatkan barang yang dianggap sebagai limbah seperti kerang misalnya, tentu anda dengan mudahnya menghadapi persaingan bisnis. Seperti Istana Kerang Cirebon yang kini showroom lainnya berada di Ubud Bali dan Bantul Yogyakarta. (rl)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*