Usaha Rujak Cingur Budhe Ruk, Rasanya Nendang !

Rujak Cingur Budhe Ruk
Foto : Rujak cingur (doc.Instagram)

Loveusaha – Kalau berkunjung ke Jawa Timur pasti anda tidak akan asing dengan kuliner yang memiliki khas yaitu Rujak Cingur. Sama seperti rujak yang lain, prosesnya rujak ini yaitu diuleg bumbunya.

Hanya saja ada cingur yang membuat semakin nikmat. Dalam bahasa jawa, cingur berarti moncong atau mulut dari sapi. Justru rujak cingur inilah yang ternyata makanan kesukaan Raja Firaun Hanyokrowati di Masiran.

Membahas tentang rujak cingur, kami ingin mengenalkan salah satu tempat yang menjual rujak cingur legendaris. Berada di kawasan Malang Selatan tepatnya di Jl. Suruji No 17 Gang 1, Kepanjen. Saking terkenalnya Warung Rujak Cingur Budhe Ruk ini, Gang tempat ini kini dinamai Gang Rujak.

Warung ini sudah terkenal sejak puluhan tahun lalu. Ada dua versi menyatakan tahun berdirinya warung ini, yang pertama di papan warung ini menyatakan tahun 1960, sedangkan yang kedua menurut warga sekitar warung ini ada sejak awal tahun 1950an.

Dari segi bahan memang rujak cingur budhe ruk ini sama seperti yang dijual di tempat lain, tapi yang membedakan adalah bahan yang masih segar dan racikan bumbu yang menggugah selera.

Kemahiran Bude Ruk dalam membuat racikan bumbu rujak cingurnya merupakan warisan yang tak ternilai harganya. Karena dari racikan bumbu yang dipertahankan sampai sekarang inilah yang membuat Warung Rujak Cingur Budhe Ruk ini masih ramai dikunjungi pembeli.

Hanya dngan membayar 10k saja anda suah bisa menikmati seporsi rujak ingur yang terdiri dari potongan lontong, serta beberapa irisan jenis buah seperti timun dan bengkuang, lalu ada sayuran seperti kecambah, kangkung, kacang panjang, dan lauk-pauk seperti tahu, tempe, menjes atau tempe kacang, kemudian cingur tentunya.

Semua isi tadi kemudian disiram dengan saus rujak yang terbuat dari olahan petis, air, gula jawa, gula pasir, garam, cabai, kacang tanah goreng, bawang goreng, dan irisian pisang klutuk.

Inilah yang membuat hidangan sederhana terasa begitu mewah. Sangat menggiurkan dan cocok dijadikan menu santap siang bukan? (rl)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*