Usaha Soto Bok Ireng Mempertahankan Warisan Leluhur

soto bok ireng

Foto : Mangkuk kecil khas soto bok ireng

Loveusaha Berjualan soto menggunakan alat-alat tradisional, seperti tompo (tempat nasi dari bambu) anglo dan pikulan, menjadi ciri khas tersendiri bagi ibu Kayatin penjual soto bok ireng Blitar.

Ia berjualan sejak 30 tahun lalu, meneruskan usaha warisan ibunya. Dalam sehari warung ini menghabiskan 10 KG daging sapi. Ibu Kayatin menghaluskan bumbu sotonya juga dengan cara tradisional, menurut pendapatnya jika semua bumbu diuleg, rasanya akan berbeda lebih gurih dan meresap kedalam masakan.

Satu lagi yang menjadi keunggulan soto bok ireng, tidak menggunakan micin sebagai penyedap rasa.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/berita/yaya-fashion-art-karya-dress-paintingnya-dikenal-hingga-mancanegara/

Menurut pengakuan salah satu pelanggan, makan di warung soto ini bikin ketagihan. Kuah santannya terasa gurih dan segar, daging dan jeroannya juga terasa lumer di lidah, ditambah dengan potongan seledri dan kecambah bisa membangkitkan selera makan kita.

Cara penyajian soto disini pun unik, seporsi soto disajikan dalam sebuah mangkok ukuran kecil (mangkok yang biasa digunakan oleh penjual es dawet). Warung ini memang menjadi salah satu warung soto yang paling laris di Blitar.

Untuk makan disini anda harus rela antri, kadang juga berdesakan, karena memang tempatnya tidak terlalu luas. Biasanya pengunjung ramai pada jam makan pagi dan makan siang, jam tujuh sampai sembilan pagi, dan saat makan siang jam duabelas sampai jam satu.

Harga soto juga ramah dikantong, seporsinya cukup Rp 10.000 saja. Bagi Anda penggemar soto, pasti tidak puas jika hanya makan semangkok, pasti pengen nambah lagi dan lagi, karena porsinya memang mini. Rata-rata pengunjung memesan dua sampai tiga mangkok baru merasa puas.

Warung soto ini buka pukul 07.00-15.00. Bagi Anda yang sedang ada di blitar, silakan mampir ke warung soto bok ireng. Lokasinya ada di Jl Kelud, Kepanjen Lor, Kepanjen Kidul, Kota Blitar, Jawa Timur. 66117.
nomer telpon yang bisa dihubungi 0853-3140-9243. (san)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*