Yaya Fashion Art, Karya Dress Paintingnya Dikenal Hingga Mancanegara

yaya fashion art

yaya fashion art

Loveusaha Istilah dress painting di bidang fashion mungkin tidak banyak orang paham. Namun seni melukis diatas kain fashion (pakaian) ini banyak digemari pecinta seni dan penyuka fashion baik di dalam dan luar negeri.

Dalam perwujudannya seni dress painting merupakan lukisan yang digambar diatas pakaian baik atasan atau bawahan yang menggambarkan lukisan karakter tertentu.

Meski cukup jarang dijumpai karena tingkat pembuatan yang sulit dan ketelitian yang tinggi namun seni ini relatif memiliki penggemar yang tidak sedikit. Kebanyakan mereka adalah orang-orang seni yang mengerti akan makna seni itu sendiri.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/berita/kemudahan-bahan-baku-menjadi-alasan-memilih-bisnis-keripik-pisang-qr/

Salah satu pelaku bisnis dress painting yang ada di Kota Malang adalah Iryani Hastika yang telah menekuni bisnis ini sejak tahun 2012 ketika dia tinggal di Pulau Dewata Bali.

“Saya memilih usaha dress painting karena saya memiliki hobi melukis dan waktu itu persaingan usaha di bidang dress painting masing sangat jarang dan pemainnya cuma segelintir orang saja.” Kata Iryani Hastika.

Dibawah payung Yaya Fashion Art, Iryani menerima berbagai varian fashion yang bisa dilukis kecuali kain bludru. “ Saya menerima segala pesanan kain dan fashion juga tas dan syal termasuk di kain batik dan kain tenun, kecuali di kain bludru ya karena akan sulit untuk mengaplikasikannya.” Jelas Iryani Hastika

Menurut Iryani produk fashion dress paintintinya sangat unik karena fokus lukisannya terletak pada gambar wayang namun tidak pakem. Dalam pengerjaannya Iryani menggabungkan unsur lukisan wayang yang ekspresionis disesuaikan dengan fenomena yang terjadi sekarang.

”Jadi saya bikinnya tidak pakem karena akan terkesan old tapi menggabungkannya dengan gambar wayang lagi main golf, wayang lagi fashion dan banyaka lagi.”

“Awalnya kenapa saya memilih fokus di gambar wayang karena saat itu belum seperti dimana wayang sudah banyak digunakan seorang pelukis dress painting terlebih saat itu wayang saya berbeda dan memiliki ciri khas sendiri,” katanya.

Pengerjaannya Yaya Fashion Art memiliki dua orang karyawan tidak tetap yang bertugas menjahit. Saat ini konsumen dan pelanggannya telah banyak berasal dari berbagai daerah di luar Malang seperti
berbagai kota di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jakarta, Sumatera, Kalimantan bahkan sampai ke negara Jepang dan Australia.

Selain melalui mulut ke mulut pemasaran juga dilakukannya melalui media sosial facebook dan instagram dengan omzet per bulan rata-rata mencapai 8 juta rupiah. Iryani pun kerap mengikuti pelatihan dan seminar fashion yang sesuai dengan bidangnya untuk meningkatkan jangkauan pemasaran.

Ditanya apa suka duka berbisnis dress painting Iryani menjawab dirinya bisa menyalurkan hobi melukis di kain batik dan tenun khususnya. Namun saat ini dirinya masih terkendala masalah pegawai karena sulitnya mencari orang yang bisa membantunya melukis sehingga dalam pengerjaannya bisa lebih cepat.

“ Untuk mencari penjahit mungkin mudah tapi yang bisa membantu saya melukis diatas kain fashion dengan gaya yang sama dengan saya itu sangat sulit,” jelasnya lagi.

Kini memasuki tahun ke 8 usahanya Iryani berharap Pemerintah lebih sering menfasilitasi hasil karya UMKM seperti dirinya terutama dalam hal pemasaran dan pameran gratis.

Selain itu dia berharap usahanya semakin berkembang dan inovatif hingga dikenal di mancanegara tidak hanya saat temannya datang ke Indonesia namun juga punya pasar khusus disana.

Tertarik dengan berbagai fashion buatan Iryani yang super keren ini, Anda bisa menghubungi galerinya yang beralamat di Perum Griya Shanta D311 Malang atau mengunjungi akun instagramnya di yaya_fashion_art dan nomer whatssap 081 234 501 715. (da)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*