Aqiella Handmade, Ingin Membuat Pelatihan Khusus Merajut

Loveusaha Aqiella handmade adalah salah satu brand yang dibentuk oleh Indah Retowati, ibu satu orang putri yang berdomisili di Polehan kota Malang untuk memasarkan hasil rajutannya.

Merajut adalah seni kerajinan yang membutuhkan tingkat ketrampilan dan kesabaran yang tinggi. Ketelitian dan telaten adalah kunci dalam merajut dengan mengaitkan benang (wol) dengan jarum khusus (hakpen).

Orang-orang dulu terutama wanita, hampir banyak yang bisa merajut. Mereka pandai dalam hal kerajinan yang menurut banyak orang sering dikaitkan dengan sesuatu yang sangat handmade sekali. Hal tersebut pun disadari oleh Indah Retnowati, pemilik Aqiella Handmade.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/jendela-usaha/menjadi-blogger-alternatif-bisnis-yang-menjanjikan/

Wanita asal Batulicin Kalimantan Selatan yang belajar merajut dari sejak remaja ini sudah menjadikan merajut sebagai salah satu hobi dan ladang usaha yang menyenangkan.

“ Saya telah mulai merajut sejak masih tinggal di Batulicin jadi sudah menjadi hobi yang menyenangkan karena bisa menjadi bisnis ketika disana dulu juga sudah banyak konsumen mulai teman-teman dan tetangga.” terangnya.

Ditambahkannya tidak hanya ketelitian terkadang merajut butuh fokus agar rajutan bisa selesai dan siap jual.” Bagi saya tantangan utama dalam merajut adalah bagaimana menyelesaikan rajutan sampai selesai, terkadang muncul perasaan jenuh atau capek jadinya baru setengah jalan sudah berhenti.”

Aqiella Handmade sendiri berawal kira-kira tiga tahun lalu, tepatnya tahun 2016. Awalnya, Indah sapaan akrabnya hanya melayani pesanan rajut dari teman-teman dekatnya, dan juga keluarga dekatnya. Aqiella sendiri berasal dari nama putrinya yang kini sudah berumur delapan tahun.

“ Awalnya saya mengambil bisnis untuk menyalurkan hobi dan tentunya sambil mengasuh anak saya karena waktunya fleksibel.” Wanita yang tergabung dalam komunitas Perempuan Pekerja Rumahan (PPM) ini awalnya membuat rajutan berupa tas, boneka dan gantungan kunci.

Untuk pemasaran produknya Indah baru memanfatkan promosi dari mulut ke mulut sambil mengikuti pameran salah satunya Pameran Polehan Craft dan event pameran UMKM di stadion Gajayana. Untuk pesanan dirinya mengatakan tidak memiliki pegawai dan baru dikerjakan sendiri sesuai pesanan kecuali jika pesanan ramai baru meminta bantuan temannya.

Keahlian merajut Indah pun semakin berkembang seiring seringnya mengikuti training di PPM. Dimana sering diadakan pelatihan untuk mengembangkan keahlian merajut yang diadakan secara reguler.

Berbeda dari kerajinan rajut pada umumnya, konsep yang diusung oleh Aqiella Handmade adalah by order. Jadi disesuaikan dengan keinginan pembeli mengingat Indah belum memiliki store atau ruang tersendiri untuk berjualan. Kedepan Indah berharap bisa mengadakan pelatihan untuk mengembangkan bakat pagi sesama penyuka rajut merajut.

“ Saya kepengin suatu saat bisa mengajak teman-teman sesama pecinta hobi merajut untuk membuat pelatihan bareng sehingga kita bisa berbagi ilmu dan keahlian merajut.”

Segmen yang kini diambilnya adalah segmen untuk perempuan terutama anak muda. Mengingat anak muda sekarang semakin sedikit menyukai dunia rajut merajut yang selama ini dikenal orang sebagai dunia ibu-ibu dan orangtua.

Anda tertarik untuk memesan produk Aqiella Handmade bisa menghubungi Indah di nomer 082255158209. Atau berkunjung ke alamat Aqiella Handmade di Jl.Nakula, No.17, Rt.02, Rw 05, Polehan.

“ Saya merasa selama merajut tidak menemukan duka yang berarti dalam arti selama bisa menyalurkan hobi itu sudah senang. Namun lebih banyak sukanya dimana saat bisa memuaskan pelanggan dengan produk yang sesuai dengan pesanan. Semoga usaha saya terus bisa berkembang lebih baik dan lebih diminati pelanggan.” (da)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*