BEDHAG KOPI Angkat Potensi Daerah

bedhag kopi
bedhag kopi

Loveusaha Dimanapun saat kita menginjakkan kaki, banyak sekali kedai kopi yang bisa kita jumpai. Di era modern ini cara menyajikan kopi banyak yang menggunakan alat canggih. Sehingga saat disenduh akan terasa aroma dari kopi yang merasuk ke dalam jiwa.

Selain diseduh dengan air panas, saat ini kopi juga banyak disajikan dalam bentuk dingin atau es. Biasanya kopi tersebut dicampur dengan beberapa varian seperti caramel, latte ataupun susu.

Banyak sekali kedai kopi yang berkonsep modern dan cozy. Bukan hanya di minum di tempat, tetapi seiring berkembangnya waktu kopi juga bisa didapatkan secara delivery.

Dua varian kopi yang terkenal yaitu robusta dan arabika. Di berbagai negara memiliki kopi unggulannya masing-masing. Indonesia pun demikian, di negara tropis ini memiliki keunggulan kopi di masing-masing daerahnya dan salah satunya Jember.

Jember merupakan salah satu daerah penghasil kopi yang berkualitas tinggi, hingga dapat memenuhi kebutuhan kopi di Pulau Jawa hingga Indonesia. Namun hal tersebut masih belum membuat Jember terangkat namanya dalam dunia perkopian.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/jendela-usaha/kopi-rempah-litanque-juga-disukai-masyarakat-timor-leste/

Dan berangkat dari hal inilah Donny pemilik dari Bedhag Kopi berusaha untuk mengenalkan kopi asli daerahnya. Pada bulan agustus 2019 Donny berani mendirikan Kedai Bedhag Kopi miliknya. Donny merasa memang harus terjun secara langsung ke kebun kopi dan berbincang-bincang dengan petani kopi sembari memberikan edukasi agar para petani kopi tahu bagaimana cara menghasilkan kopi yang berkualitas tinggi.

Menurut Donny sisi lain dari bisnis untuk bisa mengangkat nama daerah dari sesuatu yang dihasilkan yaitu harus benar-benar mengetahui latar belakang dari kopi di daerahnya dan harus berani mengambil keputusan untuk melakukan riset yang di mana dituntut untuk mau terjun secara langsung.

Jika Donny tidak memulai langkah tekadnya tersebut maka semakin banyak para tengkulak dari luar daerah Jember yang justru menguasai petani kopi Jember.

Buah dari usaha Donny ini tidak sia-sia karena kini Donny mendapatkan kopi jenis robusta maupun arabika yang berkualitas tinggi. Ia mendapatkan biji kopi robusta dari kebun kopi Sidomulyo Gerahan dan sumber salak Ledokombo.

Sedangkan untuk biji kopi arabika sendiri didapatkan dari kebun Sukma Elang, Sumbercandik, Jelbuk. Dari semua biji kopi yang didapatkannya kemudian ia memproses secara bervariasi mulai dari natural, honey dan basah.

Ketika temuannya berhasil, Donny tidak ragu untuk mempromosikannya melalui media sosial miliknya dan kerap kali untuk berbagai ilmu ke lingkup komunitas sebagai upaya untuk mengkampanyekan bahwa mereka harus bangga mengkonsumsi produk kopi asli Jember.

Buah manis yang didapatkan, selain memiliki Kedai Bedhag Kopi saat ini ia berhasil menjadi supplier di beberapa Cafe ternama di daerah Jember, Banyuwangi, Malang bahkan hingga Bogor.

Jika Anda sedang berkunjung ke Jember silakan mampir ke Bedhag Kopi milik Donny di Jalan Jawa II No. 4, Sumbersari, Jember yang buka pukul 10.00 – 21.00 WIB dari Senin s/d Sabtu. Anda dapat menghubungi nomor 082234504565 atau kunjungi akun Instagram @bedhag_kopi So, let’s try para pencandu kopi. (rl)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*