Kaldu Kikil Adnan, Warungnya Sederhana yang Beli Luar Biasa

kaldu kikil

kaldu kikil

Loveusaha Kikil adalah salah satu bagian dari sapi, penggemarnya banyak sekali. Kikil banyak ditemukan pada bagian pembungkus kaki dan jari-jari.

Teksturnya kenyal dan berwarna putih transparan. Di Sumenep, tepatnya di Jl. Dr. Wahidin Pejagalan. Ada sebuah warung sederhana, yang letaknya tersembunyi diantara pemukiman warga.

Tapi pengunjung rela menyusuri gang sempit demi menikmati satu kuliner legendaris, namanya kaldu kokot. Kaldu kokot adalah makanan yang mirip dengan sop, diolah menggunakan jeroan, sum- sum dan kaki sapi.

Kuahnya menggunakan rebusan kacang hijau atau kacang kedelai, dipadu dengan berbagai bumbu antara lain bawangmerah, bawang putih, jahe, pala dan daun bawang, ditambah bumbu kacang dan petis yang sudah dihaluskan.

Biasanya kaldu kikil dinikmati tidak dengan nasi, tapi bersama irisan lontong, ada juga yang menambahkan singkong goreng atau singkong rebus kedalamnya. Menurut Bu Adnan, jika kaldu kikil dinikmati bersama nasi rasa kuah yang kental dan gurih itu jadi berkurang.

Bu adnan memilih kaki sapi betina untuk bahan pembuatan kaldu kokot, karena kikil sapi betina yang berwarna kemerahan mengandung lebih banyak sumsum, teksturnya lebih keras dan rasanya lebih gurih.

Sedangkan kikil sapi jantan, teksturnya lebih lembek, saat direbus mudah hancur. Bu Adnan setiap harinya memasak sejak pukul 3 pagi, sepanjang hari kaldu kokot selalu dipanaskan diatas api kecil, pasti sudah terbayang lezatnya kaldu kokot hangat yang siap menggoyang lidah.

Warung Adnan buka setiap hari, dari jam lima pagi sampai menjelang magrib. Dan sepanjang bulan ramadhan tutup. (san)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*