Ke Banyuwangi, Mampir Kuliner Sego Cawuk Bu Mantih

sego cawuk
sego cawuk

Loveusaha Untuk dapat menjalankan aktivitas sepanjang hari tubuh membutuhkan tenaga yang bersumber dari asupan makanan yang kita makan.

Itulah mengapa sarapan merupakan hal yang sangat penting bagi tubuh. Apalagi jika menu sarapannya istimewa, seperti nasi cawuk.

Warga Banyuwangi punya menu sarapan yang istimewa, sego cawuk ( nasi cawuk ). Hampir semua orang berburu makanan ini sebagai menu sarapan favorit ini. Sego cawuk adalah nasi diberi kuah pindang.

Cara untuk membuat kuah pindang khas Banyuwangi yaitu dengan memanaskan gula pasir hingga menjadi karamel yang kemudian dicampur dengan air hingga mendidih.

Jika sudah mendidih dimasukkan bumbu rempah-rempah seperti laos dan juga asam wadung. Langkah terakhir langsung dimasukkan ikan laut yang sudah dimasak sebelumnya ke dalam kuah tadi dan dibiarkan hingga mendidih dan matang.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/berita/segobong-juara-1-umkm-bercerita/

Di Banyuwangi untuk Sego Cawuk yang paling terkenal adalah Sego Cawuk Bu Mantih. Untuk menikmati satu porsi menu sarapan di sini ada berbagai pilihan lauk seperti telur pindang pepes ikan pepes cumi pepes telur ikan kecil dan manis. Satu porsi sarapan di warung ini harganya mulai dari Rp 10.000 dan tergantung dari banyak lauk yang dipilih.

Buat Anda yang penasaran dengan arti nama cawuk sendiri, ternyata dalam bahasa Osing arti istilah cawuk adalah makan menggunakan tangan. Jadi meskipun makanan ini menggunakan kuah tetapi akan semakin nikmat jika disantap menggunakan tangan kosong.

Tak heran jika banyak orang yang rela berdesakan untuk mengantri membeli sarapan di sini baik itu orang lokal maupun wisatawan. Lokasi Sego Cawuk Bu Mantih strategis karena letaknya tidak jauh dari Stasiun Rogojampi Banyuwangi.

Jika dari pusat Kota Banyuwangi berjarak kurang lebih 12 km. Tepatnya di Pancoran Kulon, Rogojampi, Kec. Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi.

Warung Sego Cawuk milik Matih ini sangat cocok jika dijadikan menu sarapan. Jika Anda ingin memanjakan perut dengan menu sarapan ini, datang saja dari pukul 06.00 pagi karena akan tutup sampai pukul 11.00 siang.

Setiap hari rata-rata menghabiskan 10 kg beras Jadi biasanya sebelum pukul 11.00, jika semua masakan sudah habis warung pun langsung ditutup. Jadi harus pandai-pandai memilih waktu yang tepat agar tidak kehabisan. (rl)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*