Kerajinan Batok Kelapa yang Meraup Untung Besar

kerajinan batok kelapa
kerajinan batok kelapa

Loveusaha – Siapa yang tak tahu batok kelapa? Ya, pasti semua orang tahu limbah dari kelapa tersebut dan mungkin sebagian besar orang mengira batok kelapa sudah tidak berguna lagi.

Tapi hal ini salah, justru limbah ini bisa menjadikan kan salah satu dari penghasilan yang bisa meraup omzet yang besar di tangan para seniman.

Tak ada yang menyangka bahwa berasal dari limbah batok kelapa ini justru bisa menciptakan berbagai kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi.

Di tangan para pengrajin limbah batok kelapa ini mampu disulap menjadi barang barang bernilai seni tinggi yang memiliki banyak peminat.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/jendela-usaha/kado-wisuda-moment-bisnis-yang-menggiurkan/

Tidak heran, jika di berbagai tempat wisata pasti ada salah satu atau beberapa pelapak yang menjual barang seni berbahan dasar batok kelapa.

Banyak sekali barang yang bisa dihasilkan dari batok kelapa seperti hiasan rumah, perabotan dapur dan juga bisa dibentuk menjadi sebuah tas
ataupun furniture ruangan.

Di Indonesia sendiri banyak sekali pengrajin seni yang menggunakan batok kelapa menjadi bahan dasar mereka. Tetapi ada salah satu seniman yang justru memiliki kreativitas tinggi dengan membuat lukisan dari batok kelapa yang sebenarnya memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.

Para pengrajin batok kelapa ini tidak sembarangan dalam membentuk suatu pola untuk menciptakan barang seni mereka. Batok kelapa yang dijadikan sebagai bahan utama merupakan batok kelapa pilihan yang memiliki kriteria tertentu seperti batok kelapa yang sudah tua dan
kering.

Kemudian ketika kerajinan tersebut dibuat, pengrajin harus berhasil membuat serat dari batok kelapa tersebut hingga terlihat mencolok. Karena serat dari batok kelapa lah yang membuat nilai jual produk tersebut menjadi fantastis dan pengerajin harus memiliki teknik khusus untuk
menambah estetika produk.

Tak heran jika produk berbahan dasar batok kelapa memiliki nilai jual yang tinggi bahkan bisa meraup omzet hingga puluhan juta perbulan. Para konsumennya pun juga sampai menembus pasar dunia.

Bagaimana para pebisnis yang memiliki jiwa seni? Sangat menjanjikan bukan untuk mengelola limbah dari batok kelapa? (rl)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*