Melirik Potensi Usaha Ibula di Daerah Pesisir

ibula
ibula

Loveusaha – Siapa yang tak kenal dengan oleh-oleh hits asal Surabaya yang satu ini. Yap, Ibula namanya kepanjangan dari Ikan Bulu Ayam yang didapatkan dari Kenjeran, Surabaya. 

Lomba yang diadakan oleh ITS tentang desa binaan di Kenjeran menjadi awal usaha ini. Dari Lomba tersebut, mahasiswa di haruskan untuk mengembangkan potensi yang ada di desa binaan itu.

Dan setelah melakukan survey, awalnya mereka ingin mengembangkan potensi kesehatan di desa tersebut. Namun disisi lain, kondisi tidak memungkinkan  dan akhirnya mereka mengalihkan mengembangkan potensi ekonomi.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/jendela-usaha/kerajinan-batok-kelapa-yang-meraup-untung-besar/

Dari sinilah  usaha ini mulai diaplikasikan. Usaha ini tergabung dalam grup bernama Semesta Group yang beranggotakan 4 orang. Dalam menjalankannya, mereka tidak hanya bermodalkan nekat karena semua sudah memiliki basic berwirausaha.

Pengalaman mereka cukup untuk memulai usaha bersama. Diantaranya dulu pernah ada yang berjualan pulsa, jual-beli handphone, baju, olshop, dan sebagainya.

Meskipun begitu mereka terus belajar secara otodidak dengan cara mengamati dan belajar  dari pengusaha yang sukses dan tak segan bertanya kepada senior mereka.

Cara memasarkan ibula yakni dengan menawarkan kepada teman-teman, instagram dan line dengan sistem pre-order. Metode ini dapat membuahkan hasil dan kini omzetnya mencapai empat juta rupiah. 

Namun sebelum itu, mereka pernah mengalami kendala yaitu dalam proses pembuatan ibula yang masih memasak secara konvensional dan pengemasannya.

Hingga akhirnya mereka dapat berinovasi dengan merubah bentuk kemasan yang lebih menarik serta porsi dan kekhasan rasanya. (au)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*