Memy Bakery, Omzet Meroket Saat Hari Raya

Loveusaha Sebagai kota wisata, Malang memang cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan terutama wisatawan domestik. Udara yang dingin dan suasana kota yang jauh dari hiruk pikuk seperti Jakarta membuat Malang selalu menjadi destinasi wisata favorit bagi keluarga, sahabat, dan pasangan.

Selain itu, jajanan khas kota Malang juga cukup terkenal dan menjadi tujuan oleh-oleh wisatawan ketika berkunjung ke kota Malang. Salah satunya adalah roti dan kue khas Malang yang memiliki rasa otentik yang tidak bisa Anda temukan di kota-kota lain.

Ada banyak sekali toko kue dan roti di kota Malang, mungkin bisa dibilang kota ini sebagai salah satu surganya roti dan kue dari berbagai merek. Meramaikan pasar usaha roti dan kue hadir Memy Bakery sebuah usaha kue rumahan berbadan usaha CV Ridho Sejahtera.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/jendela-usaha/potensi-bisnis-jasa-cleaning-service-yang-masih-sedikit-pemain/

Usaha yang berpusat di Jalan Danau Sentani Dalam II H1 N14 di Perumahan Sawojajar Malang ini telah mulai beroperasi sejak tahun 2010. Adalah Mei Ridhowati pemilik usaha ini yang memulai usahanya dari memenangkan berbagai lomba membuat kue dan roti di berbagai lomba yang salah satunya diadakan oleh Dinas Perdagangan dan Koperasi KotaMalang.

Ibu dari dua orang anak yang pernah menjadi karyawan bank di Kota Malang ini memang hobby membuat kue dan aneka roti. “ Saya sering sekali memenangi lomba membuat kue dan roti di Dinas, Festival Kuliner atupun Festival kue. Jadilah lahir usaha Memy Bakery yang berkembang hingga sekarang,” ungkapnya.

Di awal usahanya Memy Bakery masih menggunakan peralatan sederhana. Kini telah berkembang menjadi peralatan yang lebih besar dan lengkap untuk oven dan mixernya sehingga lebih mudah dalam berproduksi dalam skala besar. Untuk pemasaran usahanya Mei masih mengadalkan promosi dari mulut ke mulut dan melalui WA messenger.

Selain itu dirinya menjalin kerjasama dengan teman-temannya di sesama UKM dan kalangan hotel- hotel di kota Malang. Saat ini Mei Ridhowati juga aktif menjabat sebagai ketua di Koperasi Amangtiwi Malang. Yang bergerak di sektor makanan, kerajinan tangan, minuman dan lain sebagainya.

Selain bekerjasama dengan hotel, Memy Bakery juga menjual produknya bekerjasama dengan outlet oleh-oleh yang ada di kota Malang salah satunya Malang Strudel dan Hypermart. Bersama dengan tiga orang karyawannya Mei juga memproduksi aneka bumbu dasar, camilan, stik rasa keju, pedas dan cokelat.

“ Jika banyak pesanan biasanya saya menambah tenaga karyawan untuk membantu bisa sampai tiga kali lipat dari hari biasa. Apalagi kalo pas Ramadhan, Lebaran atau tahun baru wah omzet bisa naik sampai lima kali lipat hingga kami kewalahan,” Jelasnya.

Dirinya juga beberapa kali mengikuti pameran seperti Malang City Expo. Dan yang terakhir ikut pra Sea Games di Palembang yang diadakan Dinas Perdagangan Propinsi Jawa Timur.

Meski usahanya telah terbilang sukses, Mei menuturkan sering juga mengalami kecewa dan rugi akibat ada konsumennya yang membatalkan pesanan dan distribusi padahal biaya ongkos sekarang mahal. Kini dengan makin banyak reseller yang menjual produknya,

Mei berharap usahanya bisa memiliki outlet sendiri. “ Kalau sehari-hari biasanya pesanan datang dari konsumen rumahan untuk arisan, acara pernikahan, selamatan atau event di kantor dan instansi. Sehingga ke depan saya ingin punya outlet sendiri khas milik Memy Bakery,”
tutupnya. (da)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*