Seorang Dosen Berhasil Membuka Bisnis Angkringan

Loveusaha – Membangun bisnis di kota Malang Jawa Timur cukup menantang, ada banyak pesaing dan pertumbuhannya pun sangat pesat, sebagai pebisnis haruslah terus berinovasi dan mencari tahu keinginan pasar/calon konsumen dengan tepat. Namun, sebenarnya ada banyak peluang bisnis yang tersedia, dengan berbagai ide yang menarik pula. Salah satu figur pebisnis muda dibilang cukup berhasil di Kota Malang Jawa Timur,  adalah Chandra, pemilik bisnis waralaba Angkringan, dia juga seorang dosen di salah satu Universitas Negeri di Malang. Ia melihat dan memanfaatkan peluang yang cukup besar dari sebuah bisnis angkringan.

Konon, angkringan pertama kali dibawa ke Solo dan Jogja oleh orang-orang dari Bayat, Klaten. Angkringan kemudian populer di Jogja dan Jawa Tengah sebagai warung tenda pinggir jalan yang menyajikan jenis makanan rakyat dengan harga super murah, dari sate usus, gorengan, bakso bakar, tempe dan tahu baceman, hingga nasi kucing – nasi bungkus porsi kecil dengan sambal dan secuil ikan asin, teri, oseng, atau orek tempe.

Sekarang angkringan punya segmen konsumen yang lebih luas dan berkembang menjadi bisnis kuliner yang menggiurkan. Jika Anda ingin memulai bisnis ini, simak cerita singkat Chandra seorang dosen dan pria tampan ini.

Dalam berbisnis, sebelum memulai, Chandra memikirkan dulu secara matang, alasan mengapa memilih bisnis ini. Angkringan sudah terbukti sebagai bisnis yang tahan banting dan bisa hidup di mana saja, tak tergantung kondisi ekonomi, karena prinsipnya semua orang butuh makan apalagi harganya murah.

Angkringan butuh modal kecil, di bawah Rp10 juta. Sebagai contoh, Chandra yang awalnya hobi makan nasi kucing di angkringan Jogja, dengan modal hanya Rp3 jutaan.

Meski bermodal kecil, bisnis ini prospektif, karena bisa menghasilkan laba bersih per bulan sekitar Rp4 jutaan. Bisnis ini juga mudah dijalankan siapa saja, bahkan bisa menjadi usaha sampingan bagi Anda yang bekerja.

Kemudiaan pria berdarah Bandung Jawa Barat ini, memutuskan dulu untuk memulai bisnis angkringan sendiri. Semua ada keuntungan dan kerugiannya. Berbisnis sendiri berarti Anda siap melakukan semuanya sendiri dari nol, seperti menyiapkan sewa tempat atau gerobak, mencari nama merek, sampai pemasaran. Namun, semua omzet sepenuhnya milik Anda.

Mungkin anda penasaran dengan masakan angkringan Chandra ??? dan murah meriah, datang saja ke kios angkringan Macca (Manga Caliek) tak jauh dari kampus Unitri, Telogomas. (rsl)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*