Usaha Nasi Sambal Jagir Sejak Tahun 1976

nasi sambal jagir wonokromo

Loveusaha – Jika Anda penggemar makanan pedas, jangan lupa mampir ke Nasi Sambal Jagir di dalam Pasar Wonokromo, tepatnya di kios Blok C/K/037, 100, 101. Disebut nasi sambal karena sajian utama menu makanan ini adalah sambalnya yang terbilang pedas dan relative banyak.

Lengkapnya, sajian nasi panas yang diberi rebusan daun singkong, dengan lauk ikan tongkol, teri, atau telur. Ditambah pula blendrang tempe, yakni semacam olahan tempe yang dihaluskan dan dimasak bersama jeroan ikan tongkol. Blendrang inilah yang membuat Nasi Sambal Jagir terasa nikmat. Selebihnya adalah terong kukus yang membuat makanan nasi sambal ini semakin “berasa”.

Menurut Rosyid, 46 tahun, lelaki asal Jember yang sebelumnya bekerja sebagai supir angkot ini, warung Nasi Sambal Jagir ini merupakan usaha turunan dari ibunya bernama Sanera. Usaha ini sudah ada sejak tahun 1976 yang semula menempati salah satu kios di Pasar Lama Surabaya.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/jendela-usaha/daftar-steak-terenak-di-malang-raya/

Kemudian pada tahun 1980-an pindah ke Pasar Wonokromo. Sampai kemudian pasar Wonokromo terbakar di tahun 2002, usaha ini menempati kios penampungan sementara. Baru pada tahun 2004, warung yang berada di kios berukuran 3×3 meter dengan menyambung tiga kios sekaligus di sebelahnya, menempati tempatnya seperti yang sekarang.

Meskipun hanya menjual nasi sambal dengan lauk yang minim pilihan menurut ukuran warung nasi pada umumnya, Warung Nasi Sambal Jagir barangkali warung nasi sambel paling popular di seantero Surabaya. Kalau pun yang Anda pilih adalah suasana dan tempat makan, Anda tidak bisa berharap banyak.

Maklum, tempat ini termasuk kecil karena hanya menyediakan empat bangku panjang dengan kisaran hanya mampu menampung tidak lebih dari 20 orang pembeli. Ditambah lagi pembeli yang relative ramai, membuat tempat ini menjadi semakin sempit dan panas. Tapi jika yang Anda pilih adalah rasa santapannya, tidak diragukan lagi, Nasi Sambal Jagir Wonokromo ini dapat Anda masukan dalam salah satu rencana wisata kuliner Anda ke Surabaya. Dijamin, Anda akan merasa terkesan dengan rasa masakannya yang unik, sekaligus jarang Anda temui. (n5)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*