Warung Kaki Lima Tahu Campur Haji Mahfud Kalasan

Loveusaha – Di salah satu sisi Jalan Kalasan Surabaya terdapat sebuah tempat makan kaki lima yang paling terkenal, yakni Tahu Campur Kalasan Haji Mahfud. Letaknya di daerah Jolotundo dekat Gereja Katolik Kristus Raja. Buka mulai pukul 12.00 hingga pukul 22.00. Anda tak perlu khawatir salah alamat karena di depan warung tenda ini ada spanduk dengan tulisan besar “ Tahu Campur Kalasan Bapak H.Abd. Mahfud”.

Tahu campur sebenarnya makanan khas Lamongan, sebuah kota kabupaten yang berjarak sekitar 100 kilometer dari Suarabaya. Namun karena popular di kota berlambang ikan sura dan buaya ini, tahu campur banyak dikenal sebagai makanan khas arek-arek Suroboyo.

Tahu campur bukan termasuk jajanan tapi lebih merupakan “makanan berat” pengganti nasi karena selain porsinya besar, juga ada lontong dan daging. Secara kasat mata tahu campur merupakan makanan yang terdiri dari campuran tahu dengan lontong yang diberi semacam kuah sup dengan irisan daging sapi ukuran cukup besar, ditimbuni mi, taoge, daun selada air, lentho singkong, kerupuk dan bawang goreng.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/berita/geliat-bisnis-warung-dan-sambel-pecel-yu-tiwi/

Sebagaimana kebanyakan makanan khas Surabaya, kuahnya pun diberi bumbu petis dan sambal sesuai selera. Dari rasanya, makanan ini cenderung pedas manis. Bila Anda datang pada siang hari, tempat makan yang menyediakan sekitar 30 tempat duduk ini cukup leluasa. Namun pada malam hari, Anda harus bersabar karena ramainya pembeli.

Menurut Adi , di hari-hari biasa Tahu Campur Kalasan Haji Mahfud bisa menghabiskan 400 sampai 600 porsi. Dan meningkat menjelang akhir minggu atau hari libur yang mampu mencapai penjualan 800 porsi dengan harga per porsi.

Bagi Anda yang merasa jauh dari Jalan Kalasan, Tahu Campur Kalasan Haji mahfud juga membuka cabang di Plaza Tunjungan dan daerah Ciduk-Waru Surabaya. (n5)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*