Berbagi Dengan Sesama di Bulan Ramadhan

Foto : Buka puasa SD Muhammadiyah 3 Assallaam

LoveusahaBulan ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Dimana di bulan ini ibadah yang kita lakukan akan dilipat gandakan pahalanya. Itulah kenapa di bulan ramadhan ini kita dituntut untuk berlomba-lomba dalam beribadah.

Salah satu ibadah yang bisa anda lakukan adalah dengan berbagi dengan sesama di bulan ramadhan ini. Selain dapat mempererat tali persaudaraan, berbagi dengan sesama juga akan mendatangkan pahala.

Nah ada banyak kegiatan berbagi dengan sesama di bulan ini yang dapat anda lakukan, antara lain:

     1. Membagikan takjil

Salah satu hal yang dapat anda lakukan di bulan ramadhan adalah membagikan takjil. Takjil tak harus berupa nasi, bisa juga berupa es teh dan kurma misalnya.

     2. Buka puasa bersama

Buka puasa bersama tentunya dapat melatih semangat persaudaraan dan mempererat sillaturahmi sesama muslim.

     3. Bersodaqoh

Jika anda memiliki rejeki lebih, sebaiknya anda shodaqohkan ke masjid, mushola atau juga bisa kepada anak yatim, atau orang yang membutuhkan.

     4. Berzakat

Salah satu kegiatan amal yang menjadi ciri khas ramadhan adalah zakat. Anda bisa menyumbangkan zakat berupa beras ataupun dalam bentuk uang. Zakat sangat dianjurkan dalam islam.

     5. Menyumbangkan mukenah atau Alquran

Cara lain beramal di bulan ramadhan adalah dengan membelikan mukenah atau Alquran untuk masjid. Pahala dari kegiatan ini akan mengalir terus karena setiap hari mukenah dan Alquran tersebut digunakan untuk ibadah. (ary)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*