Ragam Kuliner Timur Tengah yang Sesuai Lidah Orang Indonesia

Loveusaha Setiap Negera mempunyai ciri khas makanan yang berbeda-beda. Salah satu Negara yang memiliki ciri khas makanan adalah Negara Arab Saudi. Ciri khas makanan dari Arab Saudi adalah menggunakan bumbu rempah-rempah yang sangat kuat dalam proses memasaknya.

Selain itu makanan di Arab Saudi banyak yang menggunakan daging kambing sebagai pendamping makanannya. Berbeda dengan nasi yang ada di Negara Indonesia, nasi yang ada di Negara Arab Saudi bentuknya cenderung lebih panjang.

Makanan khas Arab Saudi dan Makanan Khas Indonesia memiliki beberapa persamaan. Persamaan tersebut diantaranya adalah untuk proses memasaknya banyak menggunakan bumbu rempah-rempah yang banyak agar cita rasa masakan lebih lezat dan bumbu meresap dengan sempurna.

Melihat adanya persamaan ciri khas makanan Indonesia dan Arab Saudi ini bisa menjadi peluang usaha kuliner yang sangat bagus untuk Anda. Berikut adalah jenis-jenis makanan dari Arab Saudi yang bisa Anda jadikan referensi bisnis kuliner di Indonesia.

Kebab 

Pecinta daging pasti sudah tau jenis makanan yang satu ini. Makanan yang banyak dijual dipinggir jalan ini masih sangat banyak digemari oleh orang Indonesia. Makanan dengan roti tortilla yang diberikan isi potongan daging ayam atau daging kambing, ditambah dengan irisan bawang bombay, tomat, timun, selada, mayonise dan saos.

Proses pembuatannya semua bahan dibungkus dengan roti tortilla kemudian digulung memanjang dan dipanggang. Mungkin memang banyak yang sudah memulai bisnis ini. Namun Anda tak perlu khawatir jika ingin memulai usaha ini. Anda cukup memberikan modifikasi isian kebab dengan sosis, nugget, ataupun daging rendang.

Nasi Kebuli

Anda semua pasti sudah tidak asing dengan jenis makanan yang satu ini. Makanan yang mempunyai cita rasa gurih dan lezat ini sangat digemari banyak orang. Proses pengolahan makanan ini menggunakan kaldu daging kambing beserta susu kambing dan ditambahkan minyak samin.

Tak heran jika cita rasa makanan ini membuat banyak orang ketagihan karena kunci kelezatan makanan ini ada pada saat proses memasaknya. Makanan ini biasanya dihidangkan bersama dengan taburan potongan kurma atau kismis dan tak ketinggalan ada sambal goring hati dan irisan daging kambing goring. Cocok sekali bukan jika Anda bisa memulai jenis makanan ini untuk usaha.

Malabari Paratha

Malabari Paratha atau nama lainnya roti canai atau roti mariyam. Roti ini berbentuk bulat dan pipih. Cara penyajian roti ini bisa dengan menggunakan cita rasa manis ataupun gurih. Untuk cita rasa yang manis bisa disajikan bersama dengan krim. Sedangkan untuk sajian dengan cita rasa yang gurih bisa dengan kuah kari daging domba ataupun kari daging kambing. 

Roti ini juga mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh diantaranya adalah mengendalikan gula darah,
melancarkan saluran pencernaan, dan makanan dengan jenis rendah lemak. Untuk bahan pembuatan roti ini adalah tepung terigu, susu, telur, margarine, dan garam. Bahan pembuatannya sangat mudah kita jumpai dipasar maupun ditoko jadi sangat mudah jika Anda ingin memulai bisnis ini.

Samboosa/ Samosa

Makanan ringan khas Arab Saudi yang dikenal dengan nama Samboosa atau samosa. Makanan ringan yang satu ini berbentuk segitiga dengan tekstur yang kering dengan cita rasa lezat, dan gurih. Jika diperhatikan bentuk makanan ini jika di Indonesia hampir mirip dengan makanan pastel.

 Samboosa atau Samosa ini terbuat dari tepung terigu, air, garam, dan minyak untuk kulitnya. Sedangkan isinya terdiri dari daging, kentang, bawang Bombay, kacang polong, bawang putih, cabai rawit, jahe, ketumbar, jinten, kunyit dan garam yang ditumis bersamaan sampai matang. 

Cara penyajian makanan ini biasanya disajikan dengan kuah kari, chutney ataupun yogurt. Makanan yang satu ini masih sedikit peminat jadi Anda bisa mencoba untuk memulai usaha kuliner dengan jenis makanan ini.

Baklava

merupakan jenis pastry yang memiliki cita rasa gurih dan rasa manis yang sedang. .Makanan ini juga sangat dinantikan ketika bulan ramadhan. Baklava jika di Indonesia hampir mirip dengan bolen Bandung. Perbedaan Baklava dan Bolen ini terletak dari bahan pembuatannya. 

Jika baklava terbuat dari kacang-kacangan, bolen Bandung terbuat dari buah pisang. Melihat dari perbedaan itu, ini bisa menjadi untuk Anda bisa memulai membuka usaha baklava. Jangan khawatir karena bentuk dan teksturnya yang hampir sama dengan bolen Bandung karena dua makanan ini memiliki cita rasa yang berbeda.

Mutabaq 

Jika dicari pengertiannya Mutabaq memiliki arti terlipat. Makanan ini terkenal dengan nama martabak di Indonesia. Mutabaq adalah makanan yang berbahan dasar dari telur dan campuran daging didalamnya. Penyajian makanan ini sangat cocok degan acar maupun dengan saos dan lebih enak lagi jika dinikmati ketika masih hangat. (nv) 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*