Ditinggal Orang Tua Saat Bayi, Kisah Inspiratif Olivia Lum

olivia lum
olivia lum

Loveusaha – Olivia Lum adalah pendiri Hyflux, sebuah perusahaan pengolahan terbesar di Asia Tenggara dan Timur Tengah bahkan merambah China dan India.

Tetapi siapa sangka jika Lum memiliki latar belakang yang menyedihkan. Tepatnya pada tahun 1960, saat ia masih bayi ia ditinggalkan orangtuanya  di Rumah Sakit Malaysia. Kemudian, Lum diadopsi oleh seorang nenek di wilayah Kampar. Bersama empat anak adopsi lainnya, Lum tinggal di rumah sederhana.

Tepat pada tahun 1976, Lum mulai tinggal di Singapura. Pada usia 16 tahun, ia berekolah di Tong Bahru Secondary School. Kemudian masuk Hwa Chong Junior College, selanjutnya Universutas Nasional Singapura dan lulus sebagai sarjana kimis di tahun 1986.

Demi mempertahankan hidup, sekolah, dan cita-citanya Lum bekerja serabutan selama di Singapura. Untuk kulia, ia mencari beasiswa. Sementara untuk membiayai hidupnya, ia bekerja serabutan.

Wajar jika ia tidak bisa menikmati akhir pekan seperti teman-temannya yang asyik jalan-jalan. Karena ia di supermarket untuk menjajakan barang-barang dagangannya.

Saat Lum bekerja di Glaxo Phamaceutical sebagai ahli kimia, keadaan ekonominya pun mulai membaik. Dengan gaji USD 40 ribu setaun hingga akhirnya ia nekat untuk keluar dari perusahaan tersebut.

Karena keyakinan bahwa dengan menjadi pengusaha lebih bisa memperbaiki derajat hidupnya. Hingga pada tahun 1989, lahirlah Hyflux, perusahaan  penyediaan jasa air mineral dengan modal 20.000 dollar singapura dari hasil menjual mobil dan apartemennya untuk mendirikannya.

Di awal berdiri, Lum belum memiliki pelanggan tetap, masih door to door untuk menawarkan saringan air, kemudian hasilnya yang diperoleh diiventasikan untuk bisnisnya.

Karena tak puas dengan hanya menjual peralatan itu, ia tertarik untuk meningkatkan skillnya dengan mengikuti kursus pengelasan pipa ledeng professional.

Setelah memiliki keahlian, proyek water treatment menghampirinya.  Awalnya, Lum sendiri yang menjajakan proyek water treatment yang didapat Hyflux.

Karena kegigihan dalam menjaga kualitas pelayanan dan menghindari gaya birokratis dalam bekerja, sikap inilah yang membuat banyak orang terkesan. Hingga saat ini Lum terkenal sebagai Water Queen.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*