Konosuke Matsushita, Pemilik Matsushita Elektric Industrial

Loveusaha – Konosuke Matsushita memiliki perusahaan Matsushita Electric Industrial yang penjualannya melebihi enam puluh tiga miliar dolar setiap tahunnya. Matsushita lahir pada tanggal 27 november 1894. Ia  terlahir dari keluarga miskin di desa Wasa, Jepang.

Ia adalah anak bungsu dari kedelapan anak. Ketika tumbuh dewasa, ia menjadi seorang yang cenderung penutup diri dan sakit-sakitan. Hingga banyak tetangganya yang mengatakan bahwa ia tidak akan memiliki masa depan yang cerah.

Apalagi keberadaan ayahnya yang suka menghabiskan uang di meja judi seakan menambah keyakinan bahwa kesuksesan akan jauh dari hidupnya.

Pada tahun 1917, dengan modal seadanya, ia memutuskan untuk memproduksi sendiri perangkat itu. Dengan bantuan istrinya, matsushita memulai usahanya.

Dalam sebuah rumah petak yang sempit, ia bersama istrinya bekerja berjam-jam tanpa mengenal lelah. Hingga pada akhirnya, mereka berhasil menyelesaikan beberapa contoh produk baru, yakni streker listrik. Saat itulah perusahaan yang bernama Panasonic berdiri.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/jendela-usaha/soto-ayam-madura-jalan-juanda-sejak-tahun-1980/

Pada mulanya, banyak pedagang yang menolak akan produknya. Sekalipun begitu, ia tetap bertahan dan pantang menyerah, hingga secara bertahap orang-orang mulai membeli produknya.

Marsushita menyadari bahwa dengan membuat produk lampu uang efisien untuk jutaan sepeda di negaranya akan bisa menjadi sebuah produk yang popular. Jadi, ia merancang satu.

Meskipun tidak langsung sukses, produksnya bernama bullet-lamp akhirnya menjadi standar untuk seluruh industry. Baterai matsushita`s powered lampu menjadi begitu sukses sehingga banyak orang yang membelinya untuk digunakan di rumah-rumah mereka, untuk mengganti lampu minyak tanah tradisional.

Pada tahun 1923, bullet-lamp diikuti oleh produk inovatif lainnya yaitu pemanas ruangan elektrik, meja pemanas elektrik, dan tipe baru termostat. Produk pertama radio Matsushita, 3 model tabung vakum, diperkenalkan pada tahun 1931.

Pada tahun 1959, Matsushita telah mendirikan tidak hanya Kyushu Matsushita Electric Company, Osaka Precision Machinery Company (kemudian berganti nama menjadi Matsushita Seiko), dan Matsushita Communication Industrial group ( yang memproduksi tape recorder pertama), tetapi juga Matsushita Electric Corporation of America. (n5)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*