Lusia Kiroyan, Sociopreneur dan Cinderella From Indonesia

Loveusaha – UNAIR adalah salah satu Universitas yang melahirkan bibit-bibit enterpreneur yang sukses. Salah satu mahasiswi alumni UNAIR yang bernama Lusia Efriani Kiroyan, Fakultas Ilmu Budaya dengan Prodi Sastra Inggris Angkatan 1999 mampu menyita perhatian Indonesia.

Lusia terkenal dengan program sosialnya yakni Cinderella from Indonesia Center (CFIC). Berawal dari keterpurukan yang dialami Lusia semasa hidupnya, kini ia bertekad dan hidupnya untuk lebih baik.

Tidak hanya hidupnya namun sekaligus kehidupan orang-orang di sekitarnya. Lusia awalnya berinovasi di bidang fashion yang memproduksi baju untuk boneka bercorak batik, corak khas warisan budaya Indonesia.

Sampai ketika inovasi ini berkembang dan menjadi sumber usaha milik Lusia dikenal dengan nama Batik Girl. Batik Girl ini merupakan usaha sociopreneur yang kini ditekuni Lusia.

Dari sinilah ia mempunyai ide untuk memberdayakan warga binaan yang berasal dari Rutam Batam, LAPAS Barelang, dan Rutan Pondok Bambu untuk membuat pakaian boneka.

Idenya ini berawal dari kebiasan Lusia yang kerap menjenguk dan memotivasi mereka. Karena di hatinya merasa ada yang kurang kalau hanya memotivasi saja, akhirnya ia bergerak mengaplikasikan idenya itu guna membuat napi perempuan maju dengan keterampilan yang ia ajarkan.

Alhasil, Lusia berhasil bekerja sama dengan Lembaga pemasyarakatan untuk memperkerjakan para napi perempuan membuat boneka Batik Girl, harga boneka untuk dalam negeri Lusia hanya membanderol 100 ribu.

Sedangkan dipasaran internasional dijual dengan harga USD 10 hingga USD 15. Sementara para napi yang membantu Lusia, ia beri upah 10 ribu – 12 ribu per boneka.

Lambat laun Batik Girl mendunia karena mengikuti kompetisi hibah, US Embassy di Jakarta tahun 2014 guna mencari dana untuk kegiatan sosial.

Pada tahun 2015 ia kembali mendapatkan hibah dari pemerintah AS dan setahun setelah perjuangannya dalam menjalankan kegiatan sosial kemudian didukung oleh Pemerintah Australia.

Dengan memberikan keterampilan dan gaji adalah untuk memotivasi bahwa mereka pun juga bisa bermanfaat untuk orang lain. (au)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*