Mengenal Permodalan Nasional Madani (PNM)

pnm

Loveusaha – PT. Permodalan Nasional Madani didirikan sebagai bagian dari solusi strategis pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pengembangan akses permodalan dan program peningkatan kapasitas bagi para pelaku Usaha Mikro, kecil, Menengah dan Koperasi ( UMKMK).

Berdiri pada 1 Juni 1999, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 38 / 1999, sebagai salah satu implementasidari TAP MPR No. XVI/ 1998, tentang Demokrasi Ekonomo. PNM mempunyai tugas untuk memperdayakan UMKM yang dilakukan melalui dua kegiatan utama yaitu pembiayaan dan jasa manajemen.

Melalui Keputusan Menkeu No. 487 KMK 017, tanggal 5 Oktober 1999, sebagai pelaksanaan dari UU No. 23/ 1999, PNM ditunjuk sebagai salah satu BUMN koordinasi yang mengelola 12 skim Kredit Program eks Kredit Likuiditas Bank Indonesia (KLBI).

Baca juga : https://www.loveusaha.com/berita/pai-apel-malang-lahir-dari-jiwa-entrepreneurship/

Pada awal berdirinya, aktivitas PNM lebih banyak bertumpu pada pengelolaan kredit program eks-KLBI itu antara lain dengan melakukan re-lending sebelum dana tersebut jatuh tempo dan dikembalikan ke Bank Indonesia.

Dalam pelaksanaanya, Kredit Program selain di salurkan melalui bank umum , juga dilakukan kerjasama dengan Lembaga Keuangan Mikro (LKM ), baik dalam hal pembiayaan maupun pembinaan atau jasa manajemen.

Seiring berjalannya waktu, dalam rangka revitalisasi dan efektivitas pemberdayaan UMK, serta mempertimbangkan prospek bisnis dimasa yang akan datang, maka dipandang perlu untuk segera maka dilakukan re-orientasi bisnis perusahaan.

Sebab, PNM tidak bisa lagi hanya mengandalkan pembiayaan yang bersumber dari dana kredit program eks-KLBI, karena secara bertahap dana tersebut akan dikembalikan ke Bank Indonesia.

Apabila tidak dilakukan perubahan strategis bisnis, tentu kinerja perusahaan akan semakin menurun, karena volume usaha dan aktivitas pemberdayaanya akan semakin menyusut.

Untuk itu, sejak pertengahan 2008, PNM mulai melakukan reposisi bisnis dengan membentuk piloting jaringan Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM), sebagai ujung tombak dalam membantu permodalan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK). Untuk menjangkau para pelaku UMK, PNM mendirikan ULaMM di sentra-sentra UMK seperti di pasar-pasar tradisional dan di kota-kota kecamatan. (n5)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*