Kisah Inspiratif Ciputra

pengusaha
Pengusaha Ciputra

Loveusaha- Nama Ciputra sebagai salah satu pengusaha properti tersukses di Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Pada tahun 2016, Forbes memperkirakan kekayaan Ciputra mencapai US$ 1,600,000,000 (satu miliar enam ratus juta dolar Amerika Serikat)  dan menduduki urutan ke 23 di daftar orang terkaya Indonesia.

Kesuksesan Ciputra tersebut tidaklah dia capai dengan mudah, dia adalah salah satu contoh kisah inspiratif pengusaha Indonesia sukses yang memulai benar-benar dari nol. Ciputra lahir dengan nama Tjie Tjin Hoan di Parigi, Sulawesi Tengah. Pada usia 12 tahun, Ciputra menjadi yatim. Oleh tentara pendudukan Jepang, ayahnya, Tjie Siem Poe, dituduh anti-Jepang, ditangkap, dan meninggal dalam penjara itu, ibunyalah yang mengasuhnya penuh kasih. Sepeninggal ayahnya tersebut Ciputra harus bangun pagi- pagi untuk mengurus sapi piaraan, sebelum berangkat ke sekolah.

Kesulitan ekonomi dan tanjung jawab untuk turut membantu keluarga tidak membuat semangat Ciputra dalam menuntut ilmu hilang. Walaupun mengalami keterlambatan dengan kegigihan dan ketekunannya, Ciputra berhasil masuk ke Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Arsitektur. Di masa akhir kuliah tersebut Ciputra bersama kedua orang temannya mendirikan PT Daya Cipta yang bergerak di bidang konsultasi arsitektur.

Lulus dari ITB, Ciputra kemudian bersama dengan rekannya pindah ke Jakarta untuk mencari proyek yang lebih besar. Ciputra saat itu membidik proyek-proyek dari pemerintah DKI Jakarta, salah satunya adalah pembangunan pusat berbelanjaan di daerah Senen. Walaupun saat itu Ciputra tidak memiliki modal berupa uang, dengan gigih Ciputra menemui gubernur DKI Jakarta saat itu Dr. R Soemarno dan mengajakan Pemda DKI Jakarta mendirikan Perusahaan Patungan/Joint Venture untuk meremajakan kota Jakarta.

Pada saat itu Dr. R Soemarno mempertanyakan, kamu modalnya dari mana? Ciputra menjawab, saya sudah bicarakan dengan investor lain yang mempunyai banyak uang. Dari situlah kemudian dengan kerjasama antara Ciputra dan rekan-rekannya serta Pemda DKI Jakarta berdirilah PT Pembangunan Jaya. PT Pembangunan Jaya dimulai dengan sederhana, kantornya menumpang di salah satu ruangan kantor Pemda DKI Jakarta dengan karyawan berjumlah 5 orang.

Namun dengan kerja kerasnya mereka sukses mengerjakan pembangunan pusat perbelanjaan di Senen. Dari kesuksesan tersebut, PT Pembangunan Jaya menangani berbagai proyek-proyek besar seperti Taman Impian Jaya Ancol yang menyulap kawasan rawa menjadi pusat rekreasi terbesar di Indonesia dan kota mandiri Bintaro Jaya.
Kesuksesannya di PT Pembangunan Jaya tersebut di kembangkan lebih jauh lagi oleh Ciputra dengan mendirikan dan menjadi pemegang saham dari Metropolitan Group,  Pondok Indah Group, Bumi Serpong Damai Group dan Ciputra Group.

Walaupun sudah sukses, Ciputra tidak pernah melupakan asalnya yang sederhana tersebut. Ciputra adalah salah satu pengusaha sukses Indonesia yang gemar beramal dan melakukan kegiatan sosial dari berbagai Yayasan yang didirikannya bersama dengan rekannya, seperti Yayasan Do Bosco, Yayasan Prasetya Mulya, Yayasan Ir. Ciputra, Yayasan Tarumanegara dan lainnya. Dengan awalnya yang sederhana tersebut dan kesuksesannya dimasa sekarang maka jelas bahwa Ciputra layak masuk dalam daftar kisah inspiratif pengusaha sukses Indonesia yang memulai bisnis dari nol ini. (***)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*