Presiden Jokowi Tidak Lagi Memberikan Sepeda, Namun Modal Usaha

Presiden Joko Widodo (kedua kiri), Wakil Presiden Jusuf Kalla (ketiga kiri) dan Ketua MPR Zulkifli Hasan (kiri) berjalan menuju ruang rapat Paripurna I di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8). Sidang tersebut beragendakan penyampaian pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/foc/16.
Presiden Jokowi
Foto : Presiden Jokowi dan kabinet kerja

Loveusaha– Presiden Jokowi mengungkapkan alasan memberikan modal usaha untuk warga yang beruntung dalam setiap acara yang dihadirinya.

Hal ini merupakan suatu yang baru, mengingat biasanya Jokowi memberikan hadiah sepeda bagi warga yang berhasil menjawab pertanyaan ataupun kuis dari Presiden dalam setiap kesempatan.

“‎Startup, bisnisman, pemula-pemula juga perlu disuntik (modal), perlu dimotifasi, perlu didorong agar banyak lagi anak-anak muda masuk ke dunia usaha,” ujar Jokowi usai memberikan sertifikat kompetensi di BBPLK, Bekasi, Jawa Barat. Pemberian modal dari dompet pribadi tidak dibagikan secara sembarangan, tetapi diberikan secara spontan dan tergantung dari kondisi yang terjadi di setiap acara.

“Seperti tadi Pak Warman jawab, Pak saya mau bisnis sendiri, wirausaha sendiri, pembenihan ikan, saya tertarik seperti itu,” ujar Jokowi.

Saat pemberian sertifikat kompetensi program pemagangan, Jokowi memberikan kesempatan beberapa peserta untuk maju, salah satunya Warman asal Subang, Jawa Barat. Warman mendapatkan hadiah sepeda setelah berhasil mengucapkan Pancasila secara lancar dan juga modal usaha sebesar Rp 10 juta dari Jokowi, karena ingin memulai usaha di bidang ikan hias setelah mendapatkan sertifikat kompetensi.

“Beli empat bak (aquarium), beli induk, kemungkinan juga kami kerjasama dengan yang sudah jalan, nanti bisa ketemu dengan rekan-rekan yang di Bogor, Parung,” ucap Warnan ketika ditanya ‎tahapan memulai usaha ikan hias.”Buat beli bak sama beli induk perlu berapa?‎” tanya Jokowi. ‎”Ya antara Rp 10 juta-an,” jawab Warman.””Ya sudah ambil sepeda-nya, modalnya juga saya kasih, ini memiliki keberanian mandiri,” ujar Jokowi. (***)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*