Kamu Harus Tahu, Perbedaan Promosi Online dan Offline

promosi online

Loveusaha – Promosi merupakan suatu kegiatan pemasaran yang memiliki peranan penting dalam keberhasilan sebuah bisnis. Kepentingan lainnya adalah untuk mempertahankan produk usaha dan meningkatkan kualitas penjualan dalam memasarkan barang atau jasa.

Jika dahulu, promosi dilakukan dengan cari menyebarkan brosur kepada masyarakat ditempat keramian dan mengenalkan produk dari rumah ke rumah. Berbeda sistemnya dengan saat ini yang lebih memanfaatkan perkembangan teknologi.

Namun meskipun sudah ada promosi yang dapat dilakukan secara online, masih banyak pelaku usaha yang tetap memilih menggunakan sistem secara offline. Lalu apa perbedaan dari keduanya dan apa kelebihan serta kekurangannya???. Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian

Promosi offline merupakan bentuk promosi yang dilakukan secara langsung oleh pelaku bisnis dengan pelanggan. Biasanya hal ini terjadi ketika ada event-event tertentu atau di pusat keramaian. Media yang digunakan diantaranya seperti contoh produk, brosur dan juga kartu nama.

Sedangkan promosi secara online adalah salah satu bentuk promosi yang memanfaatkan media sosial seperti facebook dan instagram. Dengan adanya promosi online ini, calon pelanggan maupun pelanggan dapat dengan mudah menemukan berbagai informasi mengenai produk yang hendak dibei mereka, kapan dan dimana saja tidak terhalang oleh waktu.

Kelebihan Promosi Offline

Dengan melakukan promosi offline, branding produk akan menjadi lebih mudah dikenal. Hal ini disebabkan petugas marketing mampu mempresentasikan secara langsung.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/berita/peluang-usaha-menggiurkan-korean-garlic-cheese-bread/

Selain itu, promo offline memungkinkan calon pembeli dapat melihat produk secara langung. Dengan begitu mereka akan lebih mudah percaya dan bisa memutuskan saat itu juga untuk membeli atau tidak. 

Kelebihan Promosi Online

Jika Anda melakukan promosi secara online, maka akan menghemat pengeluaran untuk biaya promosi. Adanya hal tersebut, sangat membantu para pembeli dan calon pembeli untuk menemukan bisnis atau produk Anda dengan mudah.

Karena untuk promosi online, Anda hanya perlu membuat situs sendiri dan menyebarkan di media sosial bisnis Anda. Bahkan Anda mampu menawarkan produk Anda ke seluruh wilayah di Indonesia bahkan ke mancanegara.

Kekurangan Promosi Offline dan Online

Kekurangan dari promosi secara offline adalah biaya yang dikeluarkan tergolong cukup besa. Hal ini dikarenakan untuk membayar honor karyawan bagian marketing. Selain itu jangkauan pemasaran bisa terbilang terbatas dan kebanyakan hanya untuk wilayah-wilayah tertentu.

Sedangkan kekurangan dari promosi dengan cara online adalah branding produk belum tentu kuat. Hal ini karena banyaknya promosi online dari pelaku usaha lain.

Diperlukan cara yang menarik dan penjelasan yang jelas agar pelanggan mengerti. Selain itu banya calon pembeli yang kurang percaya dengan produk online. Hal tersebut terjadi karena kebanyakan barang yang dikirim berbeda dengan gambar yang tersedia di feed media sosial usaha. (n2)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*