Pentingnya Menyusun Business Plan Bagi Pelaku Usaha Pemula

Loveusaha – Salah satu langkah penting yang perlu dilakukan oleh pelaku usaha sebelum memulai bisnisnya yaitu membuat perencanaan bisnis. Tujuannya adalah agar usaha Anda bisa berjalan lancar dan sukses, tentu membutuhkan perencanaan yang matang.

Rencana bisnis yang jelas dan menarik akan memberi kita sebuah panduan untuk membangun bisnis yang sukses yang berfokus pada pencapaian sasaran yang ditargetkan. Agar pengetahuan Anda lebih matang mengenai pentingnya menyusun business plan, berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut yaitu:

Tujuan bisnis lebih jelas

Bisnis plan adalah pernyataan tertulis yang berisi tujuan serta visi dan misi dari bisnis yang akan Anda jalankan. Dengan adanya kerangka rencana usaha tersebut, tentu akan membuat tujuan bisnis Anda lebih terarah dan membuat Anda lebih mudah dalam mengawasi jalannya usaha.

Memudahkan mencari sumber dana bisnis

Salah satu cara agar bisnis bisa mendapatkan pinjaman adalah dengan adanya perencanaan bisnis yang matang dan menarik. Dengan melakukan hal tersebut, maka Anda dapat membuat investor yakin dan percaya akan bisnis yang Anda rancang sehingga bersedia untuk melakukan investasi.

Meminalisir resiko

Setiap bisnis yang dibuat oleh pebisnis tentu memiliki beberapa resiko. Mulai dari masalah produk, karyawan, pemasaran hingga persaingan dengan pelaku usaha lain.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/jendela-usaha/mampir-ke-cerita-cafe-karena-ada-cerita-di-setiap-rasa/

Dengan membuat perencanaan yang pasti dan jelas akan membantu Anda dalam mengatur strategi penjualan dan pemasaran yang tepat. Sehingga Anda dapat terhindar dari masalah kerugian.

Anda juga perlu mengetahui, peraturan apa saja yang harus ada dalam menyusun sebuah perencanaan bisnis yang matang dan menarik. Setidaknya terdapat dua poin penting di dalamnya yaitu:

Buat dengan singkat

Rencana bisnis harus singkat, padat dan jelas. Alasannya adalah agar rencana bisnis Anda dibaca. Jika singkat namun semua isinya sudah tertuang, tentu orang akan suka membacanya. Namun berbeda jika teks sangat panjang, melihatnya saja sudah malas untuk dilanjut membaca.

Kenali target audiens

Tulis rencana yang mudah difahami dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Anda perlu menyesuikan siapa sasaran Anda. Misalnya jika perusahaan yang Anda jalankan bergerak di bidang mesin, namun investor Anda bukan ahli pada bidang tersebut. Anda perlu membuat rencana bisnis yang menarik dan menyesuikan calon investor. Tujuannya agar mereka yakin dan siap bergabung.  (n1)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*