Simak 5 Tips Memulai Usaha Food Truck

Loveusaha – Usaha makanan selalu laris di kalangan masyarakat Indonesia. Apalagi jika di kota-kota besar, para pebisnis kuliner hampir tidak pernah kehilangan inovasi untuk terus menciptakan produk makanan baru dan menjualnya dari satu tempat ke tempat lain menggunakan truk. Hal ini biasanya disebut food truck.

Di luar negeri usaha food truck memang sudah sering dijumpai. Namun, di Indonesia nampaknya usaha ini baru dapat ditemui di beberapa kota besar saja.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/tips-menarik/tips-memilih-lokasi-usaha-yang-strategis/

Kalau ada di kota-kota kecil jumlahnya pun sangat jarang. Oleh sebab itu, simak ulasan di bawah ini untuk memulai usaha food truck.

  • Tentukan Jenis Makanan Yang Akan Dijual

Menentukan jenis makanan atau minuman apa yang akan Anda jual menjadi nilai penting dalam memulai usaha food truck. Buatlah inovasi terkait jenis makanan apa yang akan Anda jual.

Hal ini akan berpengaruh terhadap hasil penjualan Anda. Sebaiknya pilih jenis makanan siap saji dan mudah diolah mengingat tempat yang terbatas.

  • Menyiapkan Dana

Hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah dana. Tentu saja akan memakan dana yang cukup besar mengingat usaha food truck juga membutuhkan truk sebagai alat angkut sekaligus tempat penjualan Anda. Buat juga daftar perlengkapan food truck yang Anda butuhkan.

  • Merancang Spesifikasi Food Truck

Tentukan spesifikasi food truck yang akan Anda gunakan berjualan. Anda dapat melihat inspirasi desain food truck di internet.

Terdapat beragam tema yang dapat Anda pilih. Kemudian sesuaikan spesifikasi food truck sesuai kebutuhan dan jenis makanan Anda.

  • Cari Ahli Pembuat Food Truck

Setelah menentukan spesifikasi desain food truck yang Anda butuhkan, carilah ahli pembuatan food truck yang berpengalaman.

Sebab ada banyak jasa pembuatan food truck yang menawarkan harga rendah hingga tinggi namun kualitas kurang mumpuni. Sebaiknya lihat juga dari review pelanggan sebelumnya.

  • Tentukan Lokasi Penjualan

Setelah desain dan food truck Anda selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah menentukan lokasi penjualan. Carilah lokasi penjualan yang ramai. Jangan lupa menarik pelanggan dengan strategi marketing yang jitu.

Itu tadi 5 tips memulai usaha food truck yang dapat Anda coba. Jangan lupa sebelum memulai sebuah usaha niat dan modal usaha menjadi pondasi penting agar usaha Anda menjadi terus berkembang dan maksimal. (n1)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*