Tips Memilih Lokasi Usaha yang Strategis

Loveusaha – Jika lokasi usaha tepat dan strategis, maka kemungkinan mendapatkan kesuksesan sangatlah besar. Tentu pernyataan ini sudah tidak asing lagi. Bahkan kebenerannya sudah banyak dialami secara langsung oleh pelaku usaha.

Jika Anda sedang ingin membuka usaha, tugas terpenting selain modal adalah mencari tempat yang sangat strategis. Jika hal ini tidak dilakukan dengan hati-hati, teliti dan tidak matang. Maka kemungkinan terburuknya adalah usaha tidak berjalan dengan lancar.

Mengingat pentingnya hal tersebut, berikut ini terdapat beberapa tips untuk memilih tempat usaha yang strategis yang dapat Anda terapkan, yaitu:

Tingkat Kepadatan Penduduk Di Sekitar Lokasi

Selain mencari lokasi yang dekat dengan jalan raya, terpenting lainnya adalah memilih tempat usaha yang memiliki tingkat kepadatan penduduk lebih tinggi. Semakin tinggi jumlah kepadatan penduduk di sebuah lokasi, maka semakin besar pula potensi pasar yang dapat diraih.

Akses Yang Mudah Di Jangkau

Maksud dari poin ini adalah tentang kenyamanan pembeli ketika akan menuju lokasi usaha Anda. Meskipun berada di tempat atau lokasi usaha yang ramai dan banyak orang melintas, jika lokasi bisnis Anda tidak memiliki lahan parkir yang baik, maka pelanggan terkadang enggan untuk singgah karena merasa kurang nyaman.

Memilih Lokasi Dengan Persaingan Yang Rendah

Bagi Anda yang baru saja akan memulai usaha, maka akan lebih baik jika memilih tempat usaha yang tingkat persaingannya kecil. Terlebih lagi jika produk yang Anda tawarkan sudah ada di daerah tersebut, tentu akan mengganggu kelancaran bisnis untuk kedepannya.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/berita/paphio-berawal-resep-tradisi-keluarga/

Akan lebih baik lagi jika di area tersebut belum ada pelaku bisnis yang produknya sama dengan milik Anda.

Besar Pendapatan Masyarakat Sekitar Lokasi

Besar pendapatan masyarakat yang ada di sekitar lokasi juga mampu mempengaruhi usaha yang akan Anda bangun. Sebab, tingkat pendapatan masyarakat juga akan berpengaruh terhadap daya beli konsumen.

Jika Anda ingin menjalankan usaha dengan produk yang harganya sedikit tinggi, sebaiknya pilih lokasi yang daya belinya cukup tinggi (misalnya di kota – kota besar).

Sedangkan bila ingin menawarkan produk dengan harga yang relatif murah, tidak akan jadi masalah jika Anda memilih lokasi usaha yang daya beli masyarakatnya kurang. Karena konsumen di daerah tersebut lebih mementingkan harga murah, dibandingkan memperhatikan kualitas produk yang dijual. (n2)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*