Tips Memulai Usaha Kue Basah bagi Pemula

Loveusaha – Kue basah merupakan salah satu jenis kue yang berasal dari resep nenek moyang yang bertahan secara turun menurun. Untuk menemukan kue ini tergolong sangat mudah. Anda dapat menemukannya pada pagi hari di pinggir jalan atau di tempat keramaian seperti pasar.

Masih banyaknya peminat dari jajanan ini tentu dapat menjadi sebuah peluang usaha. Bisnis ini juga mampu dibuat secara rumahan. Sangat cocok bagi para ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan.

Tidak perlu mengeluarkan modal yang cukup banyak. Hal ini karena bisnis ini dapat dibuat dengan modal kecil. Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis kue basah, berikut ini beberapa tips untuk pemula, yaitu:

Lakukan Perencanaan

Sebelum memulai sebuah usaha, tentunya Anda harus membuat perencanaan. Hal ini berisi mengenao strategi usaha yang baik dan tepat agar mampu menghasilkan profit yang maksimal. Selanjutnya Anda perlu untuk memperhitungkan mengenai Modal untuk membeli peralatan dan juga bahan baku serta pelengkap.

Lakukan Survei Pasar

Tujuan dilakukannya survei pasar adalah untuk mengetahui apa saja jenis kue basah yang dicari dan disukai oleh banyak orang. Jika dilakukan dengan sangat baik, maka akan menentukan jenis produk yang akan Anda jual.

Tentukan Jenis Kue Yang Akan Di Jual

Langkah ini merupakan langkah yang cukup penting dalam bisnis kue basah. Bagi pemula tidak perlu membuat berbagai macam varian. Cukup membuat kue yang resepnya sudah benar-benar Anda kuasai dan tingkat keberhasilannya sangat tinggi.

Tetapkan Harga Jual

Setelah sudah menentukan jenis kue yang akan dijual. Anda harus menetapkan harganya dengan tepat. Jangan memasang harga yang murah karena nanti akan menyebabkan kerugian bagi usaha Anda. Usahakan harganya sama dengan harga kue basah yang ada dipasaran. 

Keluarkan Kreativitas dan Pembeda

Memang sudah sangat banyak pelaku usaha kue basah. Namun yang terpenting adalah Anda mampu bersaing dengan produk makanan yang berbeda. Salah satu contohnya adalah dengan melakukan packaging dan varian rasa.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/resep-kekinian/resep-es-pisang-ijo-khas-makassar-yang-manis-dan-segar/

Untuk packaging kue basah biasanya menggunakan plastik bening, agar lebih menarik dan tentunya berbeda cobalah menggunakan plastik yang memiliki motif. Selain itu jika hanya ada satu jenis varian kue basah, cobalah untuk menambah rasa lainnya agar pembeli lebih tertarik dengan produk Anda.

Pilih Pemasaran yang Tepat

Ada dua cara untuk melakukan promosi yaitu online dan offline. Untuk online Anda bisa memasarkan lewat media sosial seperti facebook, instagram dan juga marketplace. Sedangkan offline dapat menggunakan teknik dari mulut ke mulut. Anda dapat memilih salah satu yang dirasa sangat cocok atau menggunakan keduanya. (n2)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*