Anak Berkebutuhan Khusus Tanggung Jawab Kita Bersama

anak berkebutuhan khusus
Foto : Anak ABK melantunkan ayat Al Qur’an

Loveusaha – Anak berkebutuhan khusus dilahirkan ke dunia bukan karena permintaan mereka sendiri, tetapi karena Tuhan memang Maha Pencipta.

Juga tidak bisa memilih siapa yang menjadi orang tuanya, tetapi Tuhan pasti Maha Pengasih sehingga dibalik kekurangan yang terlihat pasti disitu ada kelebihan.

Anak berkebutuhan khusus adalah bagian dari masyarakat kita yang heterogen, tentunya menjadi tanggung jawab kita bersama untuk membantu mengembangkan potensi yang mereka miliki.

Jika dulu biasanya anak berkebutuhan khusus cenderung mendapatkan perlakuan didiamkan di rumah dan menyembunyikan dari orang lain serta menganggap sebuah aib yang harus ditutupi, di era milenial ini beda.

Penanganan ABK, perlu kolaborasi semua pihak, baik sekolah, rumah dan masyarakat. Guru juga perlu dilatih untuk lebih terampil dan berkompeten dalam memberikan ilmu serta pelajaran kepada siswa berkebutuhan khusus.

Anak berkebutuhan khusus atau ABK sebenarnya mempunyai talenta-talenta terpendam. Ibarat mutiara yang terpendam dalam lumpur, perlu diambil, digosok supaya kelihatan eloknya. Itulah anak-anak berkebutuhan khusus.

Mereka memiliki potensi mengembangkan bakatnya lebih besar dibandingkan anak normal, meskipun dengan keterbatasan panca indra.

Karena itu ABK perlu mendapatkan dukungan, sehingga potensinya dapat melebihi anak normal lainnya, dengan begitu akan tumbuh rasa percaya diri dan selanjutnya dapat mengembangkan potensi yang dimiliki. Bagaimana dengan kepedulian sosial anda ? (hr)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*