Stevie Wonder, Penyanyi dengan Banyak Penghargaan

Loveusaha – Stevie Wonder adalah seorang disabilitas netra yang telah menghasilkan banyak karya dibidang musik. Siapa sangka sosok berkacamata hitam ini ternyata memiliki keterbatasan pada indra penglihatan.

Pemilik nama asli Stevie Hardaway Judkins yang berkebangsaan Amerika tersebut kehilangan kemampuan melihat pasca dirinya lahir pada tahun 1950.

Pemilik nama panggung Stevie Wonder lahir dengan riwayat bayi prematur sehingga ia harus dirawat dalam tabung inkubator. Dugaan dari banyaknya oksigen yang didapatkan selama dalam inkubator menjadi penyebab Stevie mengalami kebutaan. Namun, melalui sebuah wawancara dengan media Stevie mengatakan bahwa kebutaan yang ia alami adalah sebuah anugerah.

Tidak hanya menjadikan musik sebagai sesuatu yang berharga bagi hidupnya, lebih dari itu, Stevie Wonder juga seorang aktivis sosial. Ia percaya bahwa musik dapat membawa perubahan menuju kerukunan dan perdamaian.

Bahkan, berkat lagu “Happy Birthday” yang ia ciptakan, Presiden Amerika Serikat menetapkan Hari Libur Nasional untuk memperingati hari lahir dari pejuang kemanusiaan Martin Luther King Jr.

Selain turut serta dalam proses perjuangan penetapan hari libur untuk peringatan Martin Luther King, pada tahun 2009 Stevie Wonder juga ditunjuk sebagai Duta Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk perdamaian. Melalui musik Stevie menyuarakkan hak-hak manusia yang terpinggirkan.

Selain “Happy Birthday” lagu “I Just to Say I Love You” menjadi salah satu lagu populer yang memiliki makna tentang rasa kemanusiaan. Bahkan, sebulan setelah lagu tersebut rilis, lagu yang populer tersebut digunakan dalam film “The Women in Red”.

Menurut Stevie salah satu kunci perdamaian adalah sikap saling berbagi kasih kepada seluruh umat. Meski memiliki keterbatasan dalam indra penglihatan, Stevie tidak pernah merasa kesal dengan kondisi yang ia miliki.

Justru sebaliknya, Stevie menganggap hal tersebut sebagai anugerah. Mungkin saja jika Stevie tidak memiliki kondisi yang demikian, jalan hidupnya justru akan berbeda. Stevie Wonder mengajarkan kita tentang arti dari sikap syukur. (n2)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*