Misteri Dibalik Keindahan Coban Rondo Malang

coban rondo
Foto : Air terjun Coban Rondo

Loveusaha – Coban Rondo merupakan salah satu air terjun fenomenal yang ada di Malang, untuk lokasinya tepatnya berada Di Desa Pandesari Kecamatan Pujon, Batu Malang.

Coban Rondo yang dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai air terjun Janda ini ternyata meyimpan misteri di balik keindahannya.

Masyarakat percaya bahwa pasangan yang datang ke tempat ini akan kandas hubungannya. Namun benar tidaknya mitos tersebut tergantung kepercayaan anda masing-masing.

Asal mula nama air terjun ini diberi nama Coban Rondo adalah, pada zaman dulu kala ada sepasang pengantin baru yang bernama Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo.

Kala itu mereka berencana pergi ke Gunung Anjasmoro, namun ditengah perjalanan mereka di hadang oleh seorang lelaki bernama Joko Lelono.

Dan ia pun menantang Raden Baron Kusumo untuk berkelahi demi mendapatkan sang Dewi. Raden Baron menyuruh sang istri agar bersembunyi di balik air terjun untuk mengamankan diri dari Joko Lelono.

Namun naas, kedua laki-laki tersebut tewas saat berkelahi, dan akhirnya Sang Dewi menjadi janda atau dalam bahasa jawa disebut Rondo. Maka dari peristiwa itulah nama air terjun ini disebut Coban Rondo.

Terlepas dari mitos yang masih dipercaya hingga sekarang. Coban Rondo tak pernah sepi dari pengunjung.

Terlebih saat musim libur tiba. Suasana air terjun yang masih asri ditambah dengan panorama alam yang indah sangat menyegarkan pikiran.

Air Terjun yang memiliki ketinggian 1135 meter ini sangat cocok digunakan untuk menghilangkan penat. Selain dapat menikmati air terjun, di sini juga disediakan tempat outbound, camping, wisata edukasi, dan juga taman labirin.

Harga tiket masuknya juga cukup terjangkau, yakni hanya Rp. 15K saja untuk hari biasa dan 18K untuk weekend. (aw)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*