Museum Teknoform Pertama di Indonesia

museum teknoform
Foto : Suasana Museum Teknoform

Loveusaha – Teknologi informasi sangat mempengaruhi kehidupan manusia secara pesat, namun sayang sekali masih minim pengetahuan masyarakat kita tentang perkembangan teknologi infomasi ini. Museum teknoform inilah salah satu jawabannya.

Museum teknologi informasi merupakan museum pertama di Indonesia yang berada lingkungan kampus stikom Surabaya yaitu di lantai 1 gedung merah. Berlokasikan di jalan raya kedung baruk 98 surabaya. Penggagas berdirinya museum ini merupakan alumni dari institut bisnis dan informatika stikom Surabaya angkatan tahun 1987.

Museum teknoform ini menampilkan perkembangan perangkat keras teknologi informasi yang lebih mengarah pada perkembangan komputer. Selain memiliki tujuan untuk berupaya membangun karakter bangsa.  

Tujuan utama dari berdirinya museum teknoform ini adalah sebagai sarana dan pusat pembelajaran serta penarian informasi dan pengetahuan bagi masyarakat. Agar mengetahui lebih dalam dan lebih mudah tentang evolusi perangkat keras computer dengan cara melihat perkembangan seara visual dan nyata.

Nama museum teknoform ini merupakan singkatan dari museum teknologi informasi. Yang diharapkan bisa mngemas dan mempertontonkan segala sesuatu yang terkait dengan teknologi informasi dari masa ke masa.

Hal ini sesuai dengan visi dan misi yang dimiliki oleh museum ini. Visi yang diusung yaitu menjadi pusat pembelajaran teknologi informasi dan tujuan wisata pendidikan yang membawa dampak positif bagi seluruh elemen masyarakat.

Mengikuti perkembangan teknologi informasi dan senantiasa mengembangkan koleksi museum. Agar selalu mengikuti perkembangan dari masa ke masa, merupakan misi yang dimiliki.

Museum teknoform ini termasuk jenis museum khusus karena hanya memamerkan segala sesuatu yang terkat dengan computer sebagai sarana pengolah informasi. Untuk koleksi yang dipamerkan didalam museum ini adalah  mulai dari benda yang menunjukan ikal bakal terciptanya komputer. Mulai dari perangkat yang terbilang primitif hingga menjadi perangkt modern saat ini.

Bagi para pengunjung yang mengunjungi museum ini akan dipermudah dengan penataan setiap barang berdasarkan perjalanan waktu perkembangan dari tahun ke tahun.

Di dalam museum teknoform ini berisikan barang-barang berupa replica tulisan di gua batu, alat tulis dari masa ke masa, alat pendukung informasi dari masa ke masa. Komputer dari generasi ke generasi, buku-buku, poster, dan juga beberapa hasil karya yang dimiliki oleh kampus.

Museum teknoform yang dibuka dan diresmikan oleh Walikota Surabaya 8 November 2017 silam ini bisa dikunjungi siapapun secara gratis setiap senin s/d jumat dari pukul 09.00-16.00. Museum ini sangat membantu untuk menambah wawasan masyarakat yang saat ini seara praktis menjadi penikmat teknologi modern.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*